OxygenOS Kini Dilebur ke ColorOS

OxygenOS Kini Dilebur ke ColorOS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 04 Jul 2021 16:30 WIB
ColorOS 11
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Melanjutkan integrasi OnePlus ke Oppo, kini sistem operasi ponsel kedua perusahaan itu pun dilebur, yaitu OxygenOS milik OnePlus digabung dengan ColorOS milik Oppo.

Uniknya nama sistem operasi itu masih dipertahankan. OxygenOS untuk ponsel OnePlus yang beredar secara global, dan ColorOS untuk ponsel OnePlus dan Oppo di China.

Meski namanya berbeda, kedua sistem operasi tersebut mempunyai basis kode yang sama, yang menurut OnePlus bakal menstandardisasi pengalaman software dan memudahkan proses pengembangan pembaruan OxygenOS ke depannya.

OnePlus pun menyebut perubahan ini membuat mereka bisa menjamin pembaruan Android yang lebih bagus ke depannya. Langkah ini sepertinya sama seperti yang dijanjikan Samsung ke pengguna perangkatnya.

OnePlus menjanjikan ponsel flagshipnya, termasuk model T dan R, akan mendapat tiga pembaruan besar Android dan empat tahun pembaruan keamanan. Lalu seri Nord dan Nord CE dijanjikan akan mendapat dua pembaruan besar Android serta tiga tahun pembaruan keamanan.

Lalu terakhir seri Nord N akan mendapat satu pembaruan besar Android dan tiga tahun pembaruan keamanan. Namun komitmen ini terbatas pada seri OnePlus 8 ke atas, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (4/7/2021).

Sebelumnya diberitakan, OnePlus mengumumkan bahwa mereka akan segera mengintegrasikan sumber daya organisasi dengan induknya, Oppo. Hal tersebut dilakukan untuk merampingkan operasional dan menghasilkan produk yang lebih baik ke depannya.

"Seperti yang Anda ketahui, tahun lalu saya mengambil beberapa tanggung jawab tambahan untuk mengawasi strategi produk untuk OnePlus dan Oppo. Sejak itu, kami telah mengintegrasikan sejumlah tim kami bersama dengan Oppo. Setelah melihat dampak positif dari perubahan tersebut, kami memutuskan untuk lebih mengintegrasikan organisasi kami dengan Oppo," kata Pete Lau, CEO OnePlus dalam blog resmi OnePlus.

Pete memastikan penggabungan ini bakal berdampak positif bagi komunitas maupun pengguna. Ia juga menyebut merger ini menjadikan OnePlus sebagai sub-brand Oppo. Pun begitu tidak akan berdampak pada OnePlus sebagai brand.



Simak Video "Perpaduan Lengkap Desain dan Teknologi di OPPO Reno6 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)