YouTuber Ini Bikin PC Mini dengan macOS Big Sur

YouTuber Ini Bikin PC Mini dengan macOS Big Sur

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 02 Jul 2021 10:15 WIB
Handheld macOS
Foto: Screenshot YouTube Iketsj
Jakarta -

Seorang YouTuber bernama Ike T. Sanglay Jr atau Iketsj membuat perangkat yang unik, yaitu PC mini handheld yang menggunakan sistem operasi macOS Big Sur.

Perangkat itu berbasis pada LattePanda Alpha SBC (single board computer) yang menggunakan prosesor Intel Core m3 dan RAM 8GB. Selain itu perangkatnya juga memakai kontroler mikro Arduino Leonardo dan SSD SATA 240GB.

Untuk casingnya dibuat menggunakan 3D printer, dan ia menunjukkan proses pembuatan PC tersebut dalam sebuah video berdurasi 8 menit, di mana ia dengan teliti merakit PC tersebut dan mengatur kabel-kabelnya dengan sabar.

Ia tak menunjukkan proses instalasi macOS ke perangkat tersebut, karena tampaknya sudah terinstal sebelum perangkat tersebut dirakit, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (2/7/2021).

PC handheld itu pun kemudian sukses menyala. Tampaknya semua beroperasi dengan normal, kecuali indikator baterai yang tidak berfungsi.

Sanglay mengakui, perangkat yang ia buat itu membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding membeli sebuah Mac Mini dengan prosesor M1. Namun menurutnya tidak ada yang menarik dari membeli perangkat yang sudah jadi.

Ia juga menyebut kalau perangkat yang ia buat ini jelas tidak praktis untuk digunakan sehari-hari. Namun ia tetap saja ingin membuat perangkat tersebut.

Menginstal macOS ke perangkat non Mac sering disebut sebagai Hackintosh, dan trik ini sering dipakai untuk pengguna yang menginginkan perangkat dengan OS buatan Apple tersebut dengan spesifikasi lebih tinggi dari perangkat Mac mana pun, atau bisa juga untuk merasakan macOS namun dengan biaya yang lebih murah.

Namun mungkin beberapa waktu ke depan, Hackintosh tak lagi bisa mencicipi macOS terbaru, karena Apple sudah mulai beralih ke Apple Silicon, dan ke depannya tak lagi mendukung penggunaan komponen x86/x64.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)