Apple Imbau Jauhkan Produk-produk Ini dari Alat Pacu Jantung

Apple Imbau Jauhkan Produk-produk Ini dari Alat Pacu Jantung

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 29 Jun 2021 07:45 WIB
iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Apple Imbau Jauhkan Produk-produk Ini dari Alat Pacu Jantung Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple merilis daftar gadget yang sebaiknya dijauhkan dari perangkat kesehatan, seperti alat pacu jantung dan defribilator, karena potensi gangguan magnetik.

Dalam dokumen dukungan yang baru saja diterbitkan, Apple mengaku bahwa dalam kondisi tertentu, magnet dan medan elektromagnetik bisa mengganggu kerja perangkat kesehatan. Contohnya, alat pacu jantung dan defribilator yang ditanam sebagai implan mungkin memiliki sensor yang bisa merespon radio dan magnet saat kontak jarak dekat.

"Untuk menghindari potensi interaksi dengan perangkat medis jenis ini, jaga produk Apple dari perangkat medis Anda dalam jarak aman (lebih dari 6 inch/15 cm atau lebih dari 12 inch/30 cm jika diisi daya secara nirkabel," kata Apple, seperti dikutip dari Gizmodo, Selasa (29/6/2021).

"Konsultasikan dengan dokter dan produsen perangkat Anda untuk panduan khusus," sambungnya.

Perangkat Apple yang masuk dalam daftar ini cukup banyak, bahkan hampir mencakup semua produk populernya seperti iPhone 12, iPad, AirPods, Apple Watch dan lain-lain.

Potensi gangguan magnetik yang disebabkan oleh perangkat Apple memang jadi sorotan setelah menjadi bahan penelitian. Pada bulan Januari, peneliti di Henry Ford Heart and Vascular Institute mencoba menempatkan iPhone 12 dekat dengan jantung pasien yang menggunakan implan defribilator kardioverter Medtronic.

Mereka melaporkan uji coba ini membuat perangkat medis tersebut masuk ke dalam mode suspended. Studi lainnya yang dilakukan oleh American Heart Association juga meneliti dampak iPhone 12 Pro Max terhadap perangkat medis, dan menemukan beberapa perangkat yang diuji memiliki kerentanan magnetik.

Apple memang mengakui iPhone 12 memiliki lebih banyak magnet ketimbang iPhone sebelumnya, tapi tidak diperkirakan akan menimbulkan risiko gangguan magnetik yang lebih besar. Kini kalimat tentang risiko tersebut hilang dari panduan resmi Apple.

Selanjutnya: daftar perangkat Apple yang sebaiknya dijauhkan dari perangkat medis...