Foto Portrait Smartphone Diklaim Tak Kalah dari DSLR

Foto Portrait Smartphone Diklaim Tak Kalah dari DSLR

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 15:33 WIB
Oppo Reno6
Oppo Reno6. Foto: dok Oppo
Jakarta -

Belakangan kamera di smartphone dibuat makin mumpuni. Bahkan kualitas hasil memotret foto portrait pun diklaim tidak kalah dari kamera DSLR.

Demikian penuturan fotografer profesional Rio Motret. Dia mengatakan kamera smarttphone sudah canggih, kalau dibandingkan hasilnya dengan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless sudah tidak kalah.

"Bahkan kalau orang melihat hasilnya nggak nyangka hasil dari smartphone. Apalagi Oppo Reno6 yang akan dirilis, (hasilnya) seperti menggunakan kamera dengan lensa bukaan f/1.4," ujarnya saat sesi tanya jawab kamera Oppo Reno6 yang digelar secara online.

Rio pun membagikan tips memotret foto portrait yang kece menggunakan smartphone:

- Cari cahaya yang bagus

- Jarak dan background sebisa mungkin jauh

- Dekatkan kamera smartphone ke objek agar lebih close-up (sedada)

Portrait Oppo Reno6

Rio mengaku sudah menggunakan kamera Oppo Reno6. Dia menilai ponsel ini penyempurna dari seri pendahulunya, termasuk kemampuan portraitnya.

"Bokeh yang diciptakan Oppo Reno6 ini begitu sempurna, jadinya begitu bulet di belakangnya. Saya sempat membandingkan dengan kamera profesional menggunakan lensa f/1.4 hasilnya sama," kata pria kelahiran 14 Februari ini.

Untuk membuktikannya, Rio pun memamerkan hasil tangkapan Oppo Reno6 saat memotret portrait di sejumlah kondisi.

Oppo Reno6Oppo Reno6 Foto: dok Rio Motret

Dalam keterangan resminya, Oppo menyebutkan bahwa mereka menambahkan fitur Bokeh Flare Potrait pada perangkat Reno6. Fitur ini sebelumnya pada perangkat Reno4 dengan nama Night Flare Portrait.

Night Flare Portrait adalah fitur yang didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh yang akan menghasilkan efek lampu yang artistik pada bagian latar belakang subjek foto. Efek ini akan lebih jelas terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan saat kondisi mulai gelap dan pada lokasi yang sarat dengan lampu.

Bedanya di perangkat Reno6, fitur tersebut ditingkatkan dari yang dahulu diperkenalkan hanya khusus untuk mengambil foto. Dengan algortima terbaru fitur Night Flare Portrait, kini dapat digunakan untuk mengambil perekaman video.

Cara kerja fitur Bokeh Flare Portrait pada Reno6 hampir sama dengan fitur Night Flare Potrait. Ketika Reno6 mengambil video pada kondisi latar belakang yang syarat dengan lampu, secara otomatis melalui algoritma kecerdasan buatan, perangkat akan menampilkan bokeh yang dinamis yang kaya warna namun tetap membuat subjek pada video dalam kondisi yang terang dan jelas.



Simak Video "Computational Photography, Teknologi Anyar di Kamera Oppo Reno6"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)