Xiaomi Ajukan Paten Isi Baterai Ponsel Pakai Suara

Xiaomi Ajukan Paten Isi Baterai Ponsel Pakai Suara

Josina - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 11:10 WIB
BEIJING, CHINA - MAY 15:  (CHINA OUT) Xiaomi CEO Lei Jun speaks during a product launch on May 15, 2014 in Beijing, China. Privately owned Chinese electronics company Xiaomi has lauched its first tablet and low-price 4K TV on Thursday. The newly launched
Foto: VCG/VCG via Getty Images
Jakarta -

Pembuat smartphone saling berlomba-lomba menciptakan teknologi baru yang revolusioner hingga menjadi tren yang dapat mengubah industri secara menyeluruh.

Salah satunya dilakukan oleh Xiaomi, produsen ponsel asal China ini dilaporkan telah mengajukan sebuah paten teknologi yang dinilai bisa saja diterapkan massal di masa depan yakni Sound Charging.

Paten tersebut didaftarkan ke CNIPA (China National Intellectual Property Administration). Dalam penjelasannya, diungkap bahwa teknologi Sound Charging akan menggunakan suara dan komponen lain untuk mengisi daya perangkat.

Dilansir detikINET dari Gizchina, paten ini juga melibatkan perangkat penyimpan energi dan perangkat elektronik. Teknologi Sound Charging mencakup perangkat pengumpul suara, sejumlah perangkat konversi energi dan daya yang mengubah getaran suara di lingkungan ke getaran mekanis.

Lebih lanjut dalam paten Xiaomi ini diungkapkan bahwa perangkat elektronik tersebut akan mengubah getaran mekanis menjadi arus bolak-balik (AC) dan diubah menjadi arus searah (DC) menggunakan perangkat konversi daya.

Dengan demikian jika benar paten ini direalisasikan, maka pengguna smartphone nantinya tidak perlu lagi memerlukan soket listrik, cukup menggunakan suara saja untuk mengisi daya baik untuk perangkat smartphone atau elektronik lainnya.

Di sisi lain, bukan berarti menandakan Xiaomi akan menggunakan teknologi tersebut dalam waktu dekat ini. Sebab masih banyak serangkaian pengujian yang harus dilewati Xioami untuk membuat teknologi tersebut layak secara komersial.

Belum lama ini Xiaomi juga telah memperkenalkan teknologi baru yakni HyperCharge 200W yang mendukung pengisian daya cepat hingga 200W. Dan sejauh ini, tercatat Xiaomi baru memiliki satu smartphone dengan teknologi pengisian cepat 120W tersebut.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)