Hasil Benchmark Awal Windows 11, Bagaimana Performanya?

Hasil Benchmark Awal Windows 11, Bagaimana Performanya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 21 Jun 2021 19:00 WIB
Windows 11
Hasil Benchmark Awal Windows 11, Bagaimana Performanya? Foto: The Verge
Jakarta -

Windows 11 versi awal sudah bocor dan tampilan barunya juga sudah diketahui. Hanya beberapa hari menjelang diumumkan, kinerja sistem operasi baru ini juga sudah dikulik.

Beberapa YouTuber dan blogger sudah melakukan uji benchmark untuk Windows 11 versi tidak resmi ini. Karena benchmark ini menggunakan versi awal, hasilnya mungkin tidak akan sesuai dengan versi final Windows 11.

Keaslian Windows 11 versi awal ini juga diragukan banyak pihak. Tapi Microsoft sepertinya tidak sengaja memastikan keasliannya setelah mengeluarkan peringatan DMCA untuk situs yang membocorkan Windows 11.

Salah satu orang yang sudah mencicipi dan menguji performa Windows 11 adalah YouTuber Ben Anonymous. Ia menguji sistem operasi buatan Microsoft ini menggunakan laptop yang menjalankan CPU Intel Core i7-10875H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 Super.

Dari hasil uji benchmark-nya, Ben menemukan waktu booting Windows 11 sekitar 13 detik, tiga detik lebih cepat ketimbang Windows 10. Hasil pengujian di 3DMark dan Geekbench juga menunjukkan peningkatan performa yang signifikan.

Blog Hot Hardware juga menjalankan uji coba baterai menggunakan Samsung Galaxy Book S. Performa baterai laptop menunjukkan peningkatan tipis saat menjalankan Windows 11.

Menurut teori mereka, Microsoft mengoptimalkan Windows 11 untuk memanfaatkan arsitektur big.LITTLE yang diterapkan Intel untuk CPU Intel Core i5-L16G7 yang digunakan laptop itu, seperti dikutip dari Slash Gear, Senin (21/6/2021).

Hasil benchmark Windows 11Hasil benchmark Windows 11 Foto: Hot Hardware

Microsoft sendiri belum sesumbar tentang peningkatan apa saja yang akan dibawa oleh Windows 11, jadi hasil benchmark awal ini cukup mengejutkan. Karena ini masih versi awal, sebaiknya jangan menerima hasil benchmark ini secara mentah-mentah.

Microsoft akan memamerkan Windows 11 dalam event khusus pada 24 Juni mendatang. Sistem operasi ini akan membawa tampilan baru yang lebih modern dan perubahan baru di Microsoft Store.



Simak Video "Windows 11 Akhirnya Diluncurkan, Apa Saja yang Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)