Ini yang Baru dari Windows 11

Ini yang Baru dari Windows 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 21 Jun 2021 06:13 WIB
Windows 11
Foto: The Verge
Jakarta -

Microsoft dijadwalkan akan merilis Windows generasi terbaru pada minggu depan, ada yang menyebutnya sebagai Windows 11, namun Microsoft sejauh ini hanya melabelinya dengan sebutan 'Windows generasi selanjutnya'.

Sebutan Windows 11 sendiri sebenarnya agak mengganjal, karena Microsoft pernah berjanji kalau Windows 10 akan jadi nama terakhir dari sistem operasi mereka. Dalam bocoran yang sudah beredar, terlihat tampilan dan berbagai hal baru dari sistem operasi tersebut. Apa saja sih?

  • Icon taskbar berada di tengah, yang membuat Windows menjadi terlihat seperti macOS. Tenang, posisinya ini bisa dikembalikan ke bagian kiri layar, kok.
  • Tak ada live tile untuk aplikasi yang ditahan di menu Start.
  • Logo Windows baru, yaitu empat buat persegi yang berukuran sama, bukan trapesium (sebenarnya persegi namun dengan perspektif yang miring) seperti yang dipakai Microsoft sejak mereka merilis Windows 8 pada 2012.
  • Semua logo Windows sudah didesain ulang dengan gradasi warna yang lebih beragam dan dengan tampilan agak 3D.
  • Windows akan tampil dengan lebih banyak sudut yang membulat.
  • Tombol maximize akan punya beberapa opsi. Yaitu side by side, grid of three atau grid of four.
  • Wallpaper baru
  • Kembalinya lagu yang muncul saat PC baru dinyalakan dan masuk ke Windows.

Selain hal yang sudah tertera di atas, Microsoft juga kabarnya akan memperbarui Microsoft Store, namun hal ini belum ada di Windows 11 yang bocor ke publik. Microsoft akan memamerkan Windows 11 pada 24 Juni mendatang.

Wajah baru Windows 11 pertama kali beredar lewat dua screenshot yang diunggah di forum Baidu. Tidak lama kemudian, jurnalis The Verge Tom Warren berhasil menemukan lebih banyak informasi tentang Windows 11.

Dari video dan screenshot yang ditemukan Warren, tampilan antarmuka dan menu Start Windows 11 terlihat mirip seperti yang digunakan di Windows 10X. Microsoft memang sempat mengembangkan sistem operasi itu untuk perangkat dua layar, tapi kemudian dibatalkan untuk fokus ke Windows 11.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)