Bocoran Wajah Baru Windows 11, Seperti Apa?

Bocoran Wajah Baru Windows 11, Seperti Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 13:44 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: A view of the new Microsoft Surface Laptop following a Microsoft launch event, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Bocoran Wajah Baru Windows 11, Seperti Apa? Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta -

Microsoft akan memamerkan Windows 11 pada 24 Juni mendatang. Seminggu sebelum diumumkan, antarmuka baru sistem operasi ini bocor di internet.

Wajah baru Windows 11 pertama kali beredar lewat dua screenshot yang diunggah di forum Baidu. Tidak lama kemudian, jurnalis The Verge Tom Warren berhasil menemukan lebih banyak informasi tentang Windows 11.

Dari video dan screenshot yang ditemukan Warren, tampilan antarmuka dan menu Start Windows 11 terlihat mirip seperti yang digunakan di Windows 10X. Microsoft memang sempat mengembangkan sistem operasi itu untuk perangkat dua layar, tapi kemudian dibatalkan untuk fokus ke Windows 11.

Salah satu perubahan terbesar yang bisa dilihat di Windows 11 adalah susunan taskbar-nya di mana tombol Start dan ikon aplikasi ditempatkan di bagian tengah taskbar. Tapi posisi tombol Start dan ikon ini bisa dipindahkan ke sebelah kiri layar.

Menu Start di Windows 11 juga dirombak menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan yang ada di Windows 10 dan Live Tiles kini ditiadakan. Pengguna bisa melihat pinned apps, file yang baru dibuka dan kontrol untuk mematikan perangkat.

Microsoft juga menghadirkan jendela aplikasi dengan sudut membulat di Windows 11. Tampilan baru ini bisa dilihat di menu konteks, aplikasi, File Explore dan menu Start.

Di taskbar Windows 11 juga terdapat ikon baru yang dilabeli sebagai Widgets. Microsoft sebelumnya telah dirumorkan akan menghadirkan kembali Widgets ke Windows dan di versi awal Windows 11 ini beberapa di antaranya sudah muncul.

Microsoft juga memudahkan pengguna untuk mengubah ukuran aplikasi dan mengatur posisinya di layar lewat kontrol yang ada di tombol maximize yang ada di pojok kanan atas. Windows 11 juga akan mengusung musik startup baru yang akan keluar saat perangkat diaktifkan.

Dalam rumor sebelumnya, Microsoft dikabarkan akan merombak toko aplikasi Windows Store yang mengizinkan developer untuk memasukkan aplikasi Windows apapun. Tapi perubahan ini sepertinya belum tampak di Windows 11 versi awal.

Microsoft sudah mengeluarkan beberapa teaser yang mengindikasikan mereka siap meluncurkan Windows 11 dalam waktu dekat. Mereka juga sudah membagikan undangan untuk event khusus pada 24 Juni mendatang untuk memamerkan Windows generasi selanjutnya.



Simak Video "Windows 11 Akhirnya Diluncurkan, Apa Saja yang Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)