SoftBank Rilis HP Leica, Harganya Rp 24,5 Juta

SoftBank Rilis HP Leica, Harganya Rp 24,5 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 18 Jun 2021 17:07 WIB
Leitz Phone 1
Foto: Dok. SoftBank
Jakarta -

SoftBank merilis HP bermerk Leica di Jepang. Ini benar-benar HP yang menggunakan brand Leica, bukan sekadar kerja sama dengan brand pembuat HP lain seperti yang sebelumnya dilakukan bersama Huawei.

Nama HP ini adalah Leitz Phone 1, dan untuk menunjukkan kalau ini benar-benar HP leica, pada bagian belakang HP disematkan bulatan merah yang menjadi ciri khas perusahaan asal Jerman tersebut.

Kualitas kamera dari HP ini tentu harus menjadi jualan utama, dan dari sisi spesifikasi kamera, tampaknya memang Leitz Phone 1 ini punya kamera yang sangat mumpuni.

Kamera belakangnya hanya satu, namun menggunakan sensor 20MP berukuran 1 inch. Ya, 1 inch, ukurannya sama dengan sensor di kamera compact premium Sony RX100.

Sensor ini dipasangkan dengan lensa setara 19mm dengan bukaan f/1,9, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (18/6/2021).

Spesifikasi kamera seperti ini sebelumnya juga dipakai oleh Sharp di Aquos R6, yang juga menggunakan sistem kamera dari Leica. Meski di Leitz Phone 1, terlihat modul kameranya terlihat lebih besar. Meski spesifikasi lainnya terlihat sama, seperti layar OLED Pro IGZO 120Hz.

Perbedaan lain antara Aquos R6 dengan Leitz Phone 1 adalah tutup lensa layaknya di kamera DSLR, compact, ataupun mirrorless. Leitz Phone 1 dilengkapi dengan tutup lensa bertuliskan Leica, juga casing yang senada dengan bodi HP lengkap dengan logo Leica.

Leitz Phone 1Leitz Phone 1 Foto: Dok. SoftBank

Uniknya, SoftBank pun menjual Aquos R6. Mereka tak mencoba menutupi kesamaan antara Aquos R6 dan Leitz Phone 1. Tampaknya mereka mengincar fanboy Leica yang ingin menggunakan HP bermerk Leica lewat Leitz Phone 1, dan memposisikan Aquos R6 untuk pengguna yang hanya menginginkan kualitas kamera Leica.

Pemesanan Leitz Phone 1 saat ini sudah dibuka di Jepang dengan harga 187 ribu yen, sekitar USD 1700 atau kurang lebih Rp 24,5 juta.



Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)