Kejutan! Sharp Luncurkan Ponsel Berkamera Leica

Kejutan! Sharp Luncurkan Ponsel Berkamera Leica

Enche Tjin - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 20:22 WIB
Sharp Aquos R6
Foto: dok Sharp
Jakarta -

Dunia dikejutkan dengan hadirnya ponsel baru Sharp Aquos R6 dengan kamera bermerk Leica yang baru saja diluncurkan kemarin (17/5). Selama ini, kita mengetahui bahwa Leica bekerjasama dengan Huawei, tapi belakangan terdengar rumor kerjasama ekslusif mungkin akan dihentikan. Salah satu pemicunya adalah menurunnya penjualan Huawei di pasar internasional akibat blokir yang dilakukan oleh pemerintahan AS.

Sharp Aquos R6 ponsel dengan kamera LeicaSharp Aquos R6. Foto: Dok. Enche tjin

Oleh sebab itu, Leica mungkin akan menggaet partner baru. Beberapa yang digosipkan sebelumnya yaitu Xiaomi dan Honor. Tapi sepertinya dugaan tersebut meleset setelah Sharp mengumumkan ponsel Sharp Aquos R6 yang memiliki modul kamera dengan sensor type 1 inci dan lensa ultra lebar Leica Summicron 19mm f/1.9. Kamera bagian depan yang biasanya untuk selfie berukuran jauh lebih kecil dengan resolusi 7MP dan bukaan f/1.9 dengan lensa ultra lebar 19mm juga.

Sharp Aquos R6 ponsel dengan kamera LeicaSharp Aquos R6. Foto: Dok. Enche tjin

Kamera ponsel ini adalah yang kedua yang memiliki sensor type 1 inci, sebelumnya di tahun 2014, Panasonic pernah meluncurkan ponsel Panasonic CM1 yang juga memiliki lensa bermerk Leica dengan lensa 28mm f/2.8. Sayangnya pengembangan ponsel ini tidak dilanjutkan lagi.

ToF autofocus dan Flash juga tersedia tapi modul kameranya tidak memiliki image stabilization, sehingga saat merekam video hanya mengandalkan electronic image stabilization (EIS).

Sharp Aquos R6 ponsel dengan kamera LeicaSharp Aquos R6. Foto: Dok. Enche tjin

Selain menonjolkan kameranya, perusahaan elektronik asal Jepang ini juga menonjolkan layar LCD pertama dengan teknologi Pro IGZO OLED 6.67" yang memungkinkan dynamic refresh rate diantara 1Hz and 240Hz. Resolusi layarnya WUXGA+ yaitu 2,730 x 1,260 pixels dan baterai dengan kapasitas 5000maH.

Penggunaan kamera tunggal dengan lensa ultra lebar ekuivalen 19mm memang tidak lazim di era kamera ponsel lain yang memiliki beberapa kamera seperti ultra wide, wide dan telefoto zoom, tapi dengan sensor yang setara dengan kamera compact premium dan 5x lipat dari kamera ponsel standar 1/2.5" kita bisa mengharapkan hasil foto yang lebih detail dan alami.

Ponsel berkamera tunggal ini sayangnya hanya akan dijual di pasar Jepang di pertengahan bulan Juni 2021 mendatang. Apakah Leica akan bekerjasama dengan produsen ponsel lainnya untuk menjangkau pasar internasional? Kita tunggu saja kelanjutannya.

Sharp Aquos R6 ponsel dengan kamera LeicaSharp Aquos R6. Foto: Dok. Enche tjin


Simak Video "Serunya Detik Live Shopping bersama SHARP, ada Diskon Gede-Gedean Up to 51%"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)