Canggihnya LG Dual Inverter HeatPump, Pengering Pakaian Berfitur AI dan WiFi

Canggihnya LG Dual Inverter HeatPump, Pengering Pakaian Berfitur AI dan WiFi

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 08:50 WIB
LG Dual Inverter HeatPump
Foto: dok LG Indonesia
Jakarta -

LG Indonesia kembali menghadirkan perangkat rumah tangga pintar. Kali ini yang disodorkan LG Dual Inverter HeatPump, sebuah mesin pengering pakaian yang memiliki fitur kecerdasan buatan (AI) dan WiFi.

LG Dual Inverter HeatPump termasuk jajaran perangkat ThinQ. Dengan fitur AI membuat pengoperasian hingga mendapat siklus tambahan dapat dilakukan melalui konektivitas Wi-Fi.

Tapi, kata Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance LG Electronics Indonesia, keunggulan mesin pengering pakaian ini tidak sebatas itu. Dryer pakaian ini mengusung hasil pengembangan Dual Inverter.

Kata 'Dual' dalam namanya merujuk pada penaman dua silinder yang berputar pada tuas kompresor inverter yang memberikan manfaat lebih dari sekedar hemat listrik. Rotasi dua silinder membuat Dual Inverter HeatPump memiliki rentang putaran lebih lebar dibanding kompresor inverter dengan satu silinder yang biasa digunakan produk sejenis.

"Dengan rentang jangkauan lebih lebar, dryer dapat bekerja dengan kecepatan rendah untuk opsi lebih hemat energi maupun pengaturan kecepatan lebih tinggi untuk penyelesaian pekerjaan lebih cepat. "Hemat listrik dengan fleksibilitas ini memungkinkan pengguna menghemat listrik tanpa harus mengurangi kenyamanannya," jelas Rumbi.

LG Dual Inverter HeatPump mampu mengatur suhu panas lebih rendah yaitu sekitar 55 derajat Celcius dibanding dryer dengan heater yang mencapai 75 derajat Celcius. Keuntungannya dapat menjaga bahan pakaian.

"Bukan sekedar mengeringkan, LG Dual Inverter HeatPump dibuat dengan perhatian mempertahankan kualitas beragam material pakaian penggunanya untuk dapat digunakan dalam waktu lebih lama," ujar Rumbi.

LG Dual Inverter HeatPumpLG Dual Inverter HeatPump Foto: dok LG Indonesia



LG Dual Inverter HeatPump diklaim punya kemampuan memberi perlindungan dari kemungkinan partikel merugikan kesehatan yang tanpa disadari menempel pada berbagai material kain. Seperti halnya kain penutup bantal, seprai atau pun boneka anak atau pun benda berbahan kain (fabric) yang sulit untuk melakukan pembersihan setiap hari.

Perlindungan pakaian dari partikel merugikan kesehatan ini dapat dilakukan karena ketersediaan siklus Allergy Care. Mengaktifkan siklus ini akan membuat dryer LG bekerja khusus dengan mempertahankan suhu 60 hingga 65 derajat Celcius sepanjang durasi tertentu untuk menyingkirkan berbagai allergen dengan efektivitas hingga 99.9%.

Tak mau sekedar klaim, untuk kemampuannya tersebut dryer LG Dual Inverter HeatPump telah mengantongi sertifikat dari British Allergy Foundation (BAF). BAF merupakan sebuah badan di Inggris yang diakui berbagai negara di dunia yang melakukan pengujian dan sertifikasi pada berbagai produk dengan klaim kemampuan untuk menyingkirkan berbagai allergen.


Menambah kenyamanan penggunaan mesin pengering baju ini, LG memberikan juga fitur Auto Cleaning Condenser. Keberadaannya menjadi jawaban atas hal yang selama ini dianggap menjadi gangguan dari penggunaan dryer yaitu adanya serat dan debu dari sisa pengeringan pakaian yang terkumpul di unit kondensor.

"Ini membuat sirkulasi udara terhalang sehingga dryer harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu pengeringan. Pada gilirannya menjadi
penyebab konsumsi listrik meningkat," ujar Rumbi Simanjuntak.

Berbeda dari pengering pakaian yang membutuhkan pembersihan manual secara teratur, Auto Cleaning Condenser pada dryer LG bekerja otomatis dengan menggunakan semburan air yang kuat untuk menghilangkan serat dan debu dari kondensor.

"Keseluruhan teknologi terbaik yang hadir dari pengalaman panjang kami dalam hal perangkat elektronik bagi pembersihan dan perawatan pakaian akan membuat dryer ini mudah menjadi idola baru di rumah keluarga Indonesia," klaim Rumbi.



Simak Video "Terus Merugi, Bisnis Smartphone LG Gulung Tikar"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)