Huawei Pastikan Bawa Smart Screen TV ke Indonesia, Kapan?

Huawei Pastikan Bawa Smart Screen TV ke Indonesia, Kapan?

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 14 Jun 2021 18:47 WIB
Huawei Smart Screen TV
Huawei Smart Screen TV. Foto: dok Huawei
Jakarta -

Mendukung strategi 1+8+N di Indonesia, Huawei memastikan akan membawa perangkat Smart Screen TV yang beberapa bulan lalu diperkenalkan. Kapan mendarat di Tanah Air?

"Sekitar akhir tahun," ungkap Samuel Huang, Marketing Director Huawei CBG APAC saat berbincang dengan detikINET, Senin (14/6/2021).

Samuel menuturkan Huawei melihat smart TV menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan banyak orang untuk di rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya. Karena melihat peluang ini membuat Huawei akhirnya nyemplung ke pasar televisi pintar.

"TV akan menjadi fokus utama di rumah, sayangnya inovasi selama ini lambat. Kita melihat ada peluang besar di smart TV," ujarnya.

Samuel menyadari sengitnya persaingan di pasar televisi pintar. Namun Huawei percaya diri produknya bakal diterima lantaran membawa banyak fitur hasil inovasi mereka.

"Ada banyak keuntungan yang bisa didapat karena smart TV kami ada kamera dan dapat MeeTime yakni panggilan video dan suara kualitas tinggi," kata Samuel.

"Saya membelikan smart TV Huawei untuk orang tua saya di China. Ini sangat membantu karena orang tua saya ada kebutuhan konsultasi dengan dokter dengan jarak jauh," timpal WangPeng Bason, PR Director Huawei CBG APAC.

Sayangnya Samuel maupun Bason tidak mengungkap televisi pintar varian mana yang Huawei boyong ke Indonesia. Namun dugaan kami adalah Smart Screen SE, sebab perangkat tersebut menjalankan HarmonyOS 2.0 dan menyasar kalangan mid-range.

Huawei Smart Screen TVHuawei Smart Screen TV Foto: dok Huawei

Smart Screen SE hadir dalam ukuran 55 inch dan 65 inch dengan resolusi 4K, 16,7 juta warna, color gamut DCI-P3 92%, dan refresh rate 60Hz. Layar ini memiliki sudut pandang 178°, rasio aspek 16:9, dan sertifikasi TÜV Rheinland untuk emisi cahaya biru rendah.

Televisi ini ditenagai oleh SoC HiSiliicon Honghu dipadukan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB. Televisi ini membawa fitur-fitur seperti Huawei Share, EMUI Desktop, asisten suara, aplikasi Smart Life, kontrol HiLink Smart Home, perpesanan, panggilan video melalui webcam 13MP yang dapat dilepas secara magnetis, dan banyak lagi.

Di bagian depan konektivitas, TV mendukung WiFi dual-band, Bluetooth 5.1, dan NFC. Untuk port, ia hadir dengan 2 x HDM 2.0 (salah satunya kompatibel dengan ARC), 1 x USB 2.0, 1 x AV In, 1 x S/PDIF, 1 x RJ45 (Ehternet), dan 1 x DTMB.

Huawei Smart Screen SE atau dikenal juga Vision SE telah dijual di China. Harganya mulai dari 3.299 yuan atau sekitar Rp 7 jutaan.



Simak Video "Selamat Tinggal Android! Huawei Kini Punya HarmonyOS"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)