Laptop Samsung Balik Lagi ke Indonesia Lewat Chromebook 4 untuk Pelajar

Laptop Samsung Balik Lagi ke Indonesia Lewat Chromebook 4 untuk Pelajar

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 10 Jun 2021 07:45 WIB
Samsung Chromebook 4
Samsung Chromebook 4. Foto: dok Samsung
Jakarta -

Samsung sempat memutuskan berhenti jual laptopnya di Tanah Air. Setelah puluhan purnama, laptop bikinan raksasa teknologi asal Korea Selatan itu kembali ke Indonesia lewat Chromebook 4.

Perangkat ini menjadi Chromebook pertama Samsung yang hadirkan ke Indonesia. Sederet fitur yang dibawanya cocok untuk kalangan pelajar.

"Dengan keadaan siswa dan guru yang terbagi di sekolah dan rumah, dunia pendidikan membutuhkan perangkat teknologi yang mudah digunakan di berbagai tempat dan mendukung kolaborasi belajar. Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif," jelas Lukman Basuki, IT & Mobile B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

"Tanpa terikat di balik meja kelas, Samsung Chromebook 4 membantu keseharian siswa yang multitasking, berpindah dengan mudah antara video call dengan guru, kerja kelompok dengan teman sekelas, mencari inspirasi tugas di Youtube, menyusun karangan, dan banyak lagi," tambahnya.

Chromebook4 punya layar 11,6 inch dan baterai yang tahan hingga 12,5 jam penggunaan. Laptop ini dibuat dengan bobot 1,8 kg, ketebalan hanya 16,7 mm dan durabilitas berstandar militer.

Samsung Chromebook 4Samsung Chromebook 4 Foto: dok Samsung

"Dirancang ramping dan ringan, Samsung Chromebook 4 memiliki durabilitas tinggi, memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G[1]) yang telah diuji mencakup transit drop, getaran, suhu tinggi, maupun perubahan suhu ekstrim, sehingga sangat aman dan tangguh untuk dibawa-bawa dan juga penggunaan terus-menerus," papar Lukman.

Samsung Chromebook 4 mengombinasikan prosesor Intel dan Chrome OS dan, sehingga sistem belajar mengajar yang kolaboratif antara siswa dan guru di sekolah maupun siswa dapat berjalan lancar. Perangkat ini turut mengandalkan konektivitas Gigabit Wi-Fi yang memungkinkan men-download dan meng-upload data berukuran besar dengan cepat.

Samsung Chromebook 4Samsung Chromebook 4 Foto: dok Samsung

Chromebook 4 yang terintegrasi secara seamless dengan layanan aplikasi Google. Saat PJJ, guru dan siswa akan melakukan kolaborasi yang lancar dalam pendistribusian dan pengelolaan tugas melalui Classroom, komunikasi dan kelas online menggunakan Gmail ataupun Meet, pengerjaan tugas siswa di Drive.

Samsung turut menyematkan stereo speaker, mic digital internal, dan kamera HD 720p yang membantu video conference kelas online dengan dukungan visual jelas dan audio jernih. Selain itu, laptop ini hadir dengan port USB-C, yang multifungsi untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, transfer data dalam kecepatan tinggi, atau menghubungkannya ke layar yang lebih besar dengan kualitas 4K.

Tak kalah penting disediakan update berkala operating system dan software, serta security patches secara reguler untuk mencegah terjadinya kebocoran data dan meminimalisir risiko serangan cyber.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)