Sistem Multitasking iPad Kena Rombak di iPadOS 15

WWDC 2021

Sistem Multitasking iPad Kena Rombak di iPadOS 15

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 07 Jun 2021 15:42 WIB
Jakarta -

Apple disebut bakal merombak sistem multitasking iPad di iPadOS 15, yang bakal dipamerkan di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021, yang digelar nanti malam, Selasa (8/6).

Setelah dirombak nanti, pengguna bakal punya cara baru untuk mengatur beberapa aplikasi yang sedang dibuka sekaligus. Hal ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg saat membeberkan hal-hal yang mungkin akan diumumkan Apple di WWDC 2021.

Menurut Gurman, Apple berencana merombak home screen dan mendukung penempatan widget yang berisi berbagai informasi seperti kalender, cuaca, dan nilai saham, di semua bagian layar.

Sementara itu untuk iOS 15 di iPhone, menurutnya akan mendapat banner notifikasi dengan desain baru. Yaitu pengguna bisa mengatur statusnya -- seperti menyetir, tidur, bekerja, ataupun tidak mau diganggu -- untuk menyesuaikan jenis notifikasi yang bakal diterima.

Selain itu pengguna juga bisa mengatur pesan balasan otomatis tergantung status tersebut. Gurman pun menyebut akan ada perubahan besar di iMessage. Demikian dikutip detikINET dari Macrumors, Senin (7/6/2021).

Apple sebenarnya juga tengah menggarap desain lockscreen baru untuk iPhone dan iPad. Namun pembaruan tersebut kemungkinan baru akan dihadirkan pada iOS 16 keluaran tahun depan.

Selain iPadOS dan iOS 15, Apple juga bakal memamerkan macOS 12, tvOS 15, dan watchOS 8 di WWDC 2021. Khusus untuk watchOS 8 akan berisikan perbaikan minor soal fitur pemantau kesehatan, juga pembaruan antarmuka.

Ada juga pembaruan besar untuk Safari, yang berfokus pada privasi. Lalu di Heath akan ada fitur food tracking mirip aplikasi MyFitnessPal dan FoodNoms. Sementara itu di Maps, Apple bakal menambahkan fitur agar peta digitalnya itu bisa bersaing dengan Google Maps.

(asj/fay)