Pengguna iPhone Mengeluh Baterai Boros Usai Update iOS 14.6

Pengguna iPhone Mengeluh Baterai Boros Usai Update iOS 14.6

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 02 Jun 2021 11:54 WIB
iPhone 12
Pengguna iPhone Mengeluh Baterai Boros Setelah Update iOS 14.6 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple telah meluncurkan iOS 14.6 yang membawa banyak fitur baru. Tapi seminggu setelah diluncurkan, banyak pengguna iPhone yang mengeluh sistem operasi ini membuat baterai ponsel mereka jadi lebih boros.

Keluhan ini disampaikan lewat media sosial dan forum online seperti Apple Support Community dan forum MacRumors. Salah satunya pengguna iPhone 11 Pro dan Apple Smart Cover yang mengeluhkan perangkatnya jadi boros baterai setelah menginstal iOS 14.6.

"Saat ini, setelah update kemarin, baterai ponsel saya berkurang menjadi 2% dan cover saya berkurang menjadi 15%," kata pengguna tersebut di forum Apple, seperti dikutip dari MacRumors, Rabu (2/6/2021).

"Biasanya ponsel saya tetap 100% dan cover berkurang menjadi 20% setelah dipakai 15 jam seharian tanpa diisi ulang. Tingkat kesehatan baterai selalu 100% selama lebih dari satu tahun. Mungkin efek dari kalibrasi ulang kesehatan baterai," sambungnya.

Apple memang merilis fitur kalibrasi ulang kesehatan baterai sebagai bagian dari update iOS 14.5 untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Fitur ini memungkinkan sistem untuk mengkalibrasi ulang kesehatan baterai untuk mengatasi perhitungan yang mungkin tidak akurat.

Perlu dicatat bahwa daya tahan baterai bergantung pada banyak faktor, termasuk tingkat kesehatannya. Baterai yang kualitasnya sudah menurun pasti akan jauh lebih boros. tapi dari laporan yang muncul di banyak forum online, masalah baterai boros ini dialami oleh semua iPhone, terlepas dari tingkat kesehatan baterainya.

Seperti seorang pengguna iPhone 12 Pro yang tidak hanya melaporkan baterai ponsel yang lebih boros tapi juga mengalami overheating saat melakukan aktivitas sederhana seperti browsing di Safari. Seorang pengguna iPhone 12 mini juga mengeluhkan hal yang sama.

"Saya meng-update 12 mini dari 14.2 ke 14.6 beberapa hari yang lalu, dan dua hari belakangan ini saya bangun tidur dan mengecek ponsel selama beberapa menit melihat pesan dan mengecek Macrumors, dan baterai langsung drop dengan bagian belakang ponsel jadi panas seperti yang dilaporkan pengguna lain," kata pengguna iPhone 12 mini tersebut.

Keluhan baterai boros seperti ini biasa ditemukan setelah update iOS terbaru. Baterai iPhone biasanya jadi lebih boros setelah update karena sistem harus mengindeks ulang Spotlight dan melakukan beberapa tugas lainnya.

Tapi iOS 14.6 sudah diluncurkan seminggu yang lalu dan pengguna masih terus mengeluhkan baterai boros dan overheating. Jika isu ini memang terkait dengan software, Apple mungkin akan memperbaikinya lewat update untuk iOS 14.6 atau menambalnya di iOS 14.7.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)