Samsung Mulai Produksi Layar 120Hz untuk iPhone 13?

Samsung Mulai Produksi Layar 120Hz untuk iPhone 13?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 31 Mei 2021 07:46 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Samsung dan LG disebut sudah mulai memproduksi panel OLED yang bakal dipakai di jajaran iPhone keluaran 2021, yang diasumsikan bakal bernama iPhone 13.

Lini iPhone 13 kemungkinan akan mempunyai empat model, iPhone 13 mini 5,4 inch, iPhone 13 6,1 inch, iPhone 13 Pro 6,1 inch, dan iPhone 13 Pro Max 6,7 inch. Panel dengan refresh rate 120Hz dari Samsung bakal dipakai di varian Pro dan Pro Max, sementara panel 60Hz dari LG bakal dipakai di dua varian sisanya.

Panel OLED yang dipakai di varian Pro dan Pro Max menggunakan teknologi low temperature polycrystalline oxide (LTPO) thin film transistor (TFT), yang dipakai Samsung sejak Galaxy Note 20 Ultra. Sementara Galaxy S21 series menggunakan varian LTPO yang lebih hemat daya.

Apple sebelumnya diduga sudah akan menggunakan layar dengan refresh rate tinggi sejak iPhone 12 series. Namun rencana tersebut dibatalkan karena kombinasi layar 120Hz dan koneksi 5G bakal membuat konsumsi baterai terlalu tinggi. Masalah ini yang diperbaiki dengan teknologi LTPO.

Teknologi LTPO ini membuat layar bisa mengatur refresh ratenya secara dinamis, bergantung pada konten yang sedang ditampilkan, yang bisa membantu mengoptimalkan konsumsi dayanya. Contohnye, refresh rate akan turun ke 10Hz saat menampilkan gambar diam, dan meningkat ke 120Hz saat dipakai bermain game.

Selain itu, LTPO juga membuat fitur always on display bisa hadir ke iPhone, yang diperkirakan akan mengikuti pendekatan sama seperti di Android. Yaitu layar akan selalu menampilkan waktu dan pengisian baterai, meski sedang dimatikan, termasuk saat ada notifikasi.

Khusus untuk panel OLED yang dibuat LG untuk iPhone 13 mini dan iPhone 13 akan berjenis low temperature polycrystalline silicon (LTPS) TFT, yang hanya punya refresh rate 60Hz.

Secara total, Samsung diperkirakan memproduksi 80 juta unit panel untuk iPhone baru ini, sementara LG diperkirakan akan menyuplai 30 juta unit panel, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (31/5/2021).



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)