Nintendo Switch Baru dengan OLED Dirilis September?

Nintendo Switch Baru dengan OLED Dirilis September?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 21:15 WIB
Nintendo Switch Lite
Nintendo Switch Lite. Foto: Nintendo
Jakarta -

Nintendo disebut bakal merilis Switch versi baru pada September atau Oktober mendatang, dan produksinya sendiri disebut bakal dimulai pada Juli 2021.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (28/5/2021), Nintendo kabarnya bakal memamerkan Switch baru yang memakai layar OLED itu sebelum ajang E3, yang digelar secara virtual pada 12 Juni mendatang.

Pengumuman sebelum digelarnya ajang E3 tersebut membuat developer pihak ketiga, dan tentunya juga Nintendo, bisa memamerkan game mereka di ajang pameran game terbesar tersebut.

Soal kemampuan, Switch baru ini disebut menggunakan chip anyar dari Nvidia yang dilengkapi fitur Deep Learning Super Sampling (DLSS), yang membuatnya bisa mengolah resolusi lebih tinggi (misalnya 4K di televisi) dengan beban kerja yang lebih ringan.

Fitur DLSS ini adalah fitur yang sebelumnya ada di lini GPU RTX milik Nvidia, yaitu menjalankan game dengan resolusi lebih kecil dan ditampilkan dengan resolusi lebih besar dengan memanfaatkan AI.

Alhasil kerja GPU akan lebih ringan namun meski menampilkan game dengan resolusi yang tinggi. Hanya saja, sejauh ini baru ada sekitar 20 game yang mendukung DLSS, seperti Cyberpunk 2077, Fortnite, Monster Hunter World, Control, dan lainnya.

Fitur ini akan menjadi penambahan yang menarik untuk Switch, yaitu agar chipnya tetap hemat energi namun bisa menampilkan gambar dengan resolusi 4K ke televisi.

Panel OLED yang dipakai di konsol mini tersebut kabarnya dibuat oleh Samsung dan mempunyai ukuran 7 inch.

Penyuplai komponen untuk Switch baru ini kabarnya yakin bisa memenuhi pesanan dari Nintendo sekalipun tengah terjadi kelangkaan chip seperti saat ini. Namun kemampuan Nintendo untuk memenuhi permintaan konsumen tetap tak terjamin.

"Persiapan lini produksi sudah lebih baik untuk menghadapi potensi masalah pasokan dan kompetisi pasokan komponen yang dipakai Nintendo lebih kecil dibanding konsol yang lebih bertenaga," tulis laporan tersebut.

Sebelum terjadi kelangkaan chip global pun, sebenarnya pasokan Nintendo Switch yang ada saat ini seringkali tak bisa memenuhi permintaan pasar. Karena itulah pasokan Switch yang baru ini masih menjadi pertanyaan besar.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)