Ini HP Pertama Honor yang Pakai Google Mobile Services

Ini HP Pertama Honor yang Pakai Google Mobile Services

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 13:45 WIB
Honor 10X
Ilustrasi HP Honor. Foto: Honor
Jakarta -

Setelah lepas dari Huawei, Honor akhirnya bisa kembali menggunakan Google Mobile Services (GMS) di HP buatannya. Honor 50 bakal jadi HP pertama mereka yang kembali bisa memanfaatkan GMS tersebut.

Lepasnya Honor dari Huawei ini terjadi pada awal 2021, yaitu saat konsorsium yang terdiri dari 30 anggota mengakuisisi mereka dari Huawei. Setelah itu, Honor bisa 'mengamankan' pasokan komponen dari Qualcomm, Micron, Samsung, dan bermacam perusahaan lain.

Tak cuma itu, HP mereka yang selanjutnya pun bakal bisa menggunakan GMS, yang tampaknya akan terjadi di Honor 50. Artinya, HP ini bakal bisa menggunakan Play Store dan berbagai layanan yang berbasis pada GMS lain, seperti Google Maps dan lainnya.

Honor 50 ini kemungkinan masih akan menggunakan Magic UI, yang masih berbasis pada EMUI milik Huawei. Meski awalnya diperkirakan kalau Honor tak lagi menggunakan antarmuka dari 'induknya' itu, namun mungkin untuk saat ini mereka belum bisa lepas dari Magic UI.

Sebelumnya Honor juga mengkonfirmasi kalau seri Honor 50 bakal memakai system on a chip (SoC) baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 778G, namun memang belum bisa dipastikan varian mana yang bakal memakai SoC tersebut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (25/5/2021).

Snapdragon 778G sendiri adalah SoC yang menjadi jembatan antara chip flagship dan midrange. SoC ini juga punya kemiripan dengan Snapdragon 780G yang sebelumnya dirilis, dengan perbedaan pada pabrikasi chipnya, yaitu 6nm vs 5nm.

Core CPU Kryo 670 yang dipakai diklaim punya peningkatan hingga 40% dalam performa CPU secara keseluruhan dan Adreno 642L GPU dirancang untuk memberikan proses rendering grafis yang dijanjikan hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Snapdragon 778G dilengkapi dengan triple ISP Spectra 570, sama dengan 780G. Sistem pengolah gambar ini bisa mengolah gambar dari tiga kamera secara simultan, baik untuk foto maupun video.

Belum diketahui ada berapa model yang bakal dirilis untuk seri Honor 50 ini, begitu juga tanggal perilisannya yang belum diungkap. Awalnya HP ini disebut bakal dirilis pada bulan Mei, namun rumor lain menyebut perilisannya baru terjadi pada bulan Juni.



Simak Video "Duh! Honor Nakes di Konawe Sudah 8 Bulan Tak Dibayar"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)