Siap-siap, Penantang Android dari Huawei Segera Tiba

Siap-siap, Penantang Android dari Huawei Segera Tiba

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 06:40 WIB
OS Harmony
Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei bakal merilis sistem operasi pengganti EMUI pada 2 Juni mendatang, yaitu HarmonyOS. Seperti apa tampilan sistem operasi tersebut?

Peluncurannya bakal dilakukan lewat livestream yang diadakan pada 2 Juni mendatang pukul 8 malam waktu lokal. Jadwal peluncuran ini disebar Huawei lewat akun Weibo-nya, dan Huawei pun memamerkan tampilan HarmonyOS.

Dalam video tersebut terlihat tampilan booting HarmonyOS yang menampilkan tulisan Huawei sebelum akhirnya menunjukkan logo HarmonyOS. Lalu Huawei juga menjanjikan akan memamerkan sebuah produk baru di acara peluncuran tersebut.

Produk yang dimaksud kemungkinan besar adalah Huawei MatePad2, yang kabarnya bakal menjadi perangkat pertama Huawei yang sejak awal sudah memakai HarmonyOS, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (26/5/2021).

Sebelumnya Huawei pun menargetkan kalau pada akhir 2021 ini bakal ada 300 juta perangkat yang menjalankan HarmonyOS. Sepertiga dari target tersebut diperkirakan berasal dari perangkat yang baru dirilis dan sejak awal sudah menjalankan HarmonyOS.

Dalam video yang sebelumnya dipamerkan terlihat kalau HarmonyOS punya tampilan sangat mirip dengan EMUI 11, dan juga kemungkinan masih berbasis Android. Namun mungkin saja saat nanti sudah dirilis HarmonyOS sudah tak lagi berbasis Android.

Dalam video demonstrasi yang diunggah di Weibo, terlihat sebuah unit ponsel yang mirip seperti Huawei Mate 40 Pro yang sudah menjalankan HarmonyOS. Video berdurasi empat menit itu memperlihatkan peningkatan apa saja yang dibawa HarmonyOS.

Salah satu perubahan yang paling drastis adalah pusat kontrol baru yang muncul dengan menggeser layar di bagian pojok kanan atas ke bawah.

Sementara itu di pojok kiri atas layar akan menampilkan mesin pencari bawaan ponsel. Panel notifikasi bisa diakses dengan menggeser layar ke bawah di bagian mana saja.

Hal menarik lainnya yang diungkap dalam video ini adalah betapa cepatnya proses membuka dan menutup aplikasi di HarmonyOS, lebih cepat daripada ponsel Android.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)