RTX 3070 dan 3080 Tak Bisa Lagi Buat Tambang Ethereum

RTX 3070 dan 3080 Tak Bisa Lagi Buat Tambang Ethereum

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 20 Mei 2021 22:11 WIB
Nvidia RTX 3060 Ti
Ilustrasi kartu grafis Nvidia. Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Nvidia kembali mengambil langkah dalam membatasi penggunaan kartu grafis buatannya untuk penambangan mata uang kripto.

Yaitu dengan memberi label Lite Hash Rate (LHR) untuk RTX 3060 Ti, RTX 3070, dan RTX 3080. Kartu grafis dengan label ini akan dibatasi kemampuan hash-nya, yang artinya tak akan efektif lagi untuk menambang mata uang kripto tertentu, seperti Ethereum.

Label LHR ini akan diberikan untuk kartu grafis yang akan dijual, bukan kartu grafis yang sudah terlanjur dibeli. Artinya penambang bakal tetap bisa menggunakan kartu grafis tersebut untuk menambang Ethereum.

Ini adalah langkah Nvidia untuk sedikit mengatasi kelangkaan kartu grafis di pasaran, yang selain terjadi karena pasokan chip yang terbatas, juga karena kartu grafisnya diborong oleh para penambang.

Dengan label LHR ini kartu grafis RTX 30 seharusnya tak lagi menarik di kalangan penambang, dan membuat mereka beralih ke komponen khusus yang memang dibuat untuk keperluan itu, yaitu Cryptocurrency Mining Processor (CMP) yang juga dibuat oleh Nvidia.

CMP ini menurut Nvidia bisa memberikan performa dan efisiensi terbaik untuk menambang mata uang kripto, namun tak bisa dipakai untuk mengolah grafis sama sekali.

"Menurut kami langkah tambahan ini akan menjadikan kartu grafis GeForce bisa dibeli dengan harga yang lebih baik oleh para gamer," ujar Matt Wuebbling, Marketing Head GeForce di Nvidia, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (20/5/2021).

Langkah ini sebelumnya dimulai Nvidia pada RTX 3060, meski kemudian mereka tak sengaja merilis driver beta yang bisa dipakai untuk membuka pembatasan tersebut. Meski kini driver yang sesuai sudah dirilis, driver beta tersebut sudah terlanjur beredar di dunia maya.



Simak Video "Netflix Digugat Rp 71,2 Miliar karena Serial The Queen's Gambit"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)