Google Lens Bantu Siti Anak Sukabumi Belajar dari Rumah

Google I/O 2021

Google Lens Bantu Siti Anak Sukabumi Belajar dari Rumah

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 19 Mei 2021 09:34 WIB
Siti alias Mamay pengguna Google Lens
Siti atau Mamay menggunakan Google Lens untuk membantunya belajar. Foto: dok Google
Jakarta -

Siti atau kerap disapa Mamay, bocah perempuan asal Sukabumi, Jawa Barat, ikut mewarnai sesi keynote Google I/O yang berlangsung Rabu dini hari (19/5/2021). Lewat sebuah video, diperlihatkan bagaimana siswa kelas sembilan SMP itu menggunakan Google Lens untuk membantu dia menyelesaikan tugas saat menjalani proses belajar dari rumah.

"Kegiatan belajar saat pandemi ini, untuk aku sendiri agak lebih susah. Orang tuaku juga tidak bisa berbahasa Inggris, jadi mereka tidak bisa bantu aku kalau kesulitan," tuturnya

"Google Lens memudahkan kegiatan belajar dari rumah. Misalnya saat mendapat soal matematika dalam bahasa Inggris. Tidak hanya translate, dari situ aku bisa terhubung, dengan bisa langsung mencari tahu terjemahan dan solusi untuk soal matematika itu," imbuh gadis yang bercita-cita jadi ahli bahasa dan dosen bahasa Inggris ini.

Apa yang digunakan Siti merupakan salah satu kemampuan baru dari Google Lens. Raksasa pencarian internet ini membuat fitur yang menggabungankan terjemahaan visual dengan konten pendidikan yang ada di web untuk membantu orang belajar dalam lebih dari 100 bahasa.

"Anda dapat mengambil foto dari soal sains dan Lens akan mencarikan sumber belajar dengan bahasa pilihan Anda," kata Prabhakar Raghavan, SVP Google.

Google LensGoogle Lens Foto: dok Google

Saat ini Google Lens digunakan lebih dari 3 miliar kali setiap bulannya. Selain membantu edukasi, kini Lens membantu seseorang untuk mendapatkan produk yang dicarinya.

Untuk itu Google meningkatkan kemampuan AI pada Lens. Jadi saat pengguna mengambil foto pada sebuah benda, Lens akan mengindentifikasi dan dapat mengantarkan pengguna ke toko yang menjual produk tersebut.

Google LensGoogle Lens Foto: dok Google

Google pun memperkenalkan MUM yang dapat memperoleh informasi lebih dalam web. Selain itu, teknologi ini memahami berbagai jenis informasi, dicontohkan dalam video tersebut bagaimana pengguna menanyakan apakah sepatu bot cocok digunakan untuk mendaki Gunung Fuji.

"Tujuannya adalah untuk memecahkan pertanyaan yang lebih kompleks tidak peduli bagaimana Anda menanyakannya," kata Raghavan.



Simak Video "Google Kenalkan Teknologi Masa Kini: Bisa Ngobrol dengan Pluto!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)