Android 12 Resmi Diumumkan, Tampilan Lebih Segar dan Bawa Fitur Baru

Google I/O 2021

Android 12 Resmi Diumumkan, Tampilan Lebih Segar dan Bawa Fitur Baru

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 19 Mei 2021 05:00 WIB
Jakarta -

Android 12 resmi diumumkan dalam ajang Google I/O yang berlangsung Rabu dini hari (19/5/2021). Update sistem operasi mobile ini membawa perubahan tampilannya.

Selama beberapa tahun terakhir, Google hanya sedikit memoles UI Android. Tapi kini raksasa pencarian internet ini merombak besar-besaran tampilan Android sehingga benar-benar membawa penyegaran.

Sameer Samat. VP of Product Management, Android & Google Play mengatakan ada tiga faktor penting di Android 12 adalah "Deeply personal," "Private and secure," dan "Better together. Semua aspek, mulai dari lock screen, home screen hingga pengaturan sistem telah diubah dengan tampilan yang oleh Google disebut 'Material You'.

Personalisasi

Di Android 12, pengguna dapat mempersonalisasi ponsel sepenuhnya dengan palet warna khusus dan widget yang didesain ulang. Dengan menggunakan apa yang Google sebut ekstraksi warna, pengguna dapat memilih wallpaper, dan sistem secara otomatis menentukan warna mana yang dominan, mana yang melengkapi dan mana yang terlihat bagus. Kemudian menerapkan warna-warna tersebut di seluruh OS: notifikasi, lock screen, kontrol volume, widget, dan banyak lagi.

Tampilan Android 12.Tampilan Android 12. Foto: Google

Dengan Android 12, Google menjanjikan perangkat terasa lebih hidup pada setiap ketukan, gesek, dan gulir. Ponsel dengan cepat merespons sentuhan dengan gerakan dan animasi yang halus. Misalnya, saat pengguna menutup notifikasi di layar kunci, jam akan tampak lebih besar.

Google mengaku telah menyederhanakan interaksi dan merancang ulang seluruh sistem untuk membuat pengalaman pengguna lebih lancar dan efisien. Perangkat Android dijanjikan lebih cepat dan lebih responsif dengan efisiensi daya yang lebih baik sehingga pengguna dapat menggunakan perangkat lebih lama.

Hal ini dapat dicapai dengan mengoptimalkan penggunaan CPU yang lebih baik. Google telah mengurangi waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan sistem inti hingga 22% sekaligus mengurangi penggunaan inti yang besar oleh server sistem hingga 15%.

Animasi di Android 12Animasi di Android 12 Foto: Google

Google membuat notifikasi lebih intuitif dan menyenangkan. Quick Settings kini memungkinkan pengguna mengontrol secara praktis seluruh sistem operasi dengan swipe dan satu ketukan.

Area Quick Settings tidak hanya terlihat berbeda, kini turut disertakan Google Pay dan Home Controls, serta dimungkinkan melakukan penyesuaian sehingga pengguna dapat memiliki semua yang paling dibutuhkan di satu tempat yang mudah diakses.

Di Android 12, pengguna dapat menekan lama tombol power untuk memanggil Google Asisten agar melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan, atau membacakan artikel.

Android 12Android 12 Foto: Google

Privasi dan Keamanan

Android 12 menyertakan fitur baru yang memberi pengguna lebih banyak transparansi tentang aplikasi mana yang mengakses data, dan lebih banyak kontrol sehingga mereka dapat membuat pilihan yang tepat tentang seberapa banyak informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi.

Privacy Dashboard yang baru menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin serta data apa yang sedang diakses, seberapa sering dan oleh aplikasi mana. Ini juga memungkinkan pengguna dengan mudah mencabut izin aplikasi langsung dari Dashboard.

Privasi di Android 12Privacy Dashboard di Android 12 Foto: Google

Google telah menambahkan indikator baru di kanan atas bilah status ponsel sehingga pengguna tahu ketika aplikasi mengakses mikrofon atau kamera. Dan jika pengguna ingin menghapus akses aplikasi ke sensor ini untuk seluruh sistem, Android 12 telah menambahkan dua tombol baru di Quick Settings.

Indikator baru di sudut kanan atasIndikator baru di sudut kanan atas Foto: Google

Android 12 memberikan pengguna kontrol lebih terhadap seberapa banyak informasi yang dibagikan dengan aplikasi. Dengan izin lokasi baru, aplikasi dapat dibatasi untuk hanya melihat perkiraan lokasi pengguna, bukan posisi yang tepat. Misalnya, aplikasi cuaca tidak membutuhkan lokasi akurat pengguna untuk menawarkan prakiraan cuaca yang akurat.

undefinedundefined Foto: undefined

Di luar fitur privasi baru di Android 12, Google memperkenalkan fitur Android Private Compute Core. Tujuannya untuk menjaga informasi pribadi tetap aman, bersifat pribadi, dan lokal ke dalam ponsel.

Saat ini Google telah merilis Android 12 beta untuk sejumlah perangkat Pixel. Sejumlah perangkat besutan Oppo, Asus, Xiaomi, Sharp, Realme, Nokia dan lainnya akan pula bisa mencicipi dalam waktu dekat.

(afr/afr)