Android 12 Dipamerkan Malam Ini, Intip Bocoran Fitur Barunya

Android 12 Dipamerkan Malam Ini, Intip Bocoran Fitur Barunya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 16:07 WIB
Jakarta -

Event tahunan Google I/O akan kembali diadakan secara virtual malam ini, Selasa (18/5). Dalam event ini Google dipastikan akan mengenalkan sistem operasi terbarunya Android 12 dan meluncurkan beta publiknya setelah acara.

Google sudah merilis tiga developer preview Android 12, jadi sudah cukup banyak hal yang diketahui tentang sistem operasi ini. Bocoran terbaru juga mengungkap tampilan Android 12 akan dirombak besar-besaran.

Berikut ini bocoran tampilan dan fitur baru di Android 12 yang akan segera bisa dicicipi, seperti dikutip dari India Today, Selasa (18/5/2021).

1. Tampilan baru

Bocoran terbaru dari tipster Jon Prosser memperlihatkan tampilan antarmuka baru di Android 12. Perubahan ini mencakup widget baru, notifikasi bertumpuk, dan desain keyboard baru.

Bocoran dari Prosser juga sepertinya mengonfirmasi rumor sebelumnya yang menyebutkan Android 12 akan memiliki antarmuka lock screen baru dengan jam yang lebih besar. Android 12 juga diyakini akan memiliki lebih banyak tema yang bisa dikustomisasi.

Bocoran tampilan baru Android 12Bocoran tampilan baru Android 12 Foto: Jon Prosser/Front Page Tech

2. Mode satu tangan

Android 12 sepertinya akan membawa beberapa perubahan desain yang akan memudahkan pengguna Android mengoperasikan ponselnya dengan satu tangan.

Bocoran dari XDA Developers menemukan antarmuka baru di Android 12 memindahkan kolom Search ke bagian bawah layar agar lebih mudah diakses dengan satu tangan. Mereka juga menemukan fitur baru bernama 'silky home' yang membuat antarmuka jadi lebih cocok untuk penggunaan satu tangan.

3. Opsi double tap

Fitur Android 12 lainnya adalah opsi double-tap. Dengan fitur ini pengguna bisa mengetuk bagian belakang ponsel Android sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan untuk memulai tindakan tertentu, misalnya mengambil screenshot, memainkan media, atau meluncurkan Google Assistant.

4. Rotasi layar otomatis

Sekarang, pengguna ponsel bisa mengubah orientasi layar menjadi portrait atau landscape dengan memutar perangkat. Dengan Android 12, pengguna bisa merotasi layar secara otomatis hanya dengan menggerakkan kepala, misalnya saat sedang tidur.

5. Fitur privasi dan keamanan baru

Google juga akan menambahkan fitur privasi dan keamanan baru di Android 12. Salah satunya dengan menambahkan indikator yang akan memberi tahu pengguna jika aplikasi yang digunakan sedang mengakses kamera, mikrofon, atau sensor lainnya.

Fitur lainnya yang bernama 'Permission management hub' juga dikabarkan akan menjadi bagian dari Android 12. Fitur ini akan menampilkan izin apa saja yang diminta oleh aplikasi di ponsel sehingga pengguna bisa melihat izin apa yang paling banyak diminta dan diakses.

6. Game mode

Terakhir, Google juga dikabarkan akan menghadirkan game mode untuk Android 12. Fitur ini sepertinya akan memiliki fungsi yang sama seperti game mode yang telah dibuat oleh banyak vendor ponsel.

Salah satunya adalah Gaming Dashboard yang memiliki widget khusus untuk memulai livestream di YouTube Live. Ada juga beberapa toggle pengaturan untuk mengambil screenshot, merekam layar, mengaktifkan penghitung FPS dan mengaktifkan mode Do Not Disturb.

Lantas ponsel mana saja yang bisa mencicipi Android 12 duluan? Golongan pertama tentu saja varian Pixel 3, Pixel 4, dan Pixel 5. Setelah itu ponsel terbaru dari Samsung, Oppo, Nokia, OnePlus, LG, Xiaomi dan lain-lain akan mengikuti.

Event Google I/O tahun ini diselenggarakan secara gratis dan virtual pada 18-20 Mei 2021. Kalian bisa melihat Google mengumumkan berbagai produk barunya dalam livestream di YouTube yang dimulai pukul 10.00 waktu Amerika bagian Pasifik atau pukul 00.00 WIB.

(vmp/fay)