Apple Rilis Audio Lossless, Bisa Diputar di AirPods?

Apple Rilis Audio Lossless, Bisa Diputar di AirPods?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 22:09 WIB
Apple Music
Foto: dok Apple
Jakarta -

Apple menambahkan fitur audio lossless dan Dolby Atmos untuk layanan Apple Music. Bisa diputar di AirPods?

Audio lossless di Apple Music ini punya bitrate yang lebih tinggi dengan format Apple Lossless Audio Codec (ALAC). Kualitasnya dari 16bit/44,1kHz, 24bit/48kHz, sampai 24bit/192kHz.

Untuk fitur Dolby Atmos memang bisa dinikmati lewat perangkat AirPods dan Beats dengan chip H1 ataupun W1. Namun untuk Hi-Resolution Lossless ternyata tak bisa diputar di AirPods manapun, termasuk AirPods Max yang harganya paling mahal.

Memang memutar audio dengan bitrate tinggi lewat headphone Bluetooth memang hal yang tak masuk akal. Sebabnya bitrate audio yang bisa dikirimkan lewat Bluetooth terbatas, termasuk pada codec AAC yang dipakai Apple.

Namun sebenarnya AirPods Max bisa digunakan dengan mode kabel, yaitu dengan menggunakan kabel audio 3,5mm to Lightning. Namun pada mode ini, file audio akan diubah menjadi analog, dikirimkan lewat kabel, baru didigitalkan kembali di AirPods Max, dan itu membuat kualitas lossless di Apple Music ini tak maksimal.

Jadi apa yang dibutuhkan untuk bisa mendengarkan musik dengan kualitas tertinggi dari Apple Music? Kemungkinan yang dibutuhkan adalah perangkat DAC dan amplifier yang terhubung ke sumber, baik itu iPhone, iPad, Mac, atau perangkat apa pun yang bisa memutar Apple Music.

Atau ada juga yang lebih simpel, yaitu headphone ataupun earphone yang terhubung menggunakan koneksi data, USB-C, misalnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (18/5/2021).

Sementara untuk penggunaan secara nirkabel alias lewat Bluetooth, kemungkinan Apple membutuhkan codec baru, semacam codec LDAC milik Sony. Setidaknya Apple masih punya waktu sampai Juni mendatang untuk memecahkan masalah ini, yaitu saat audio lossless ini mulai tersedia untuk pengguna.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)