Produksi Samsung Galaxy A52 dan A72 Terhambat Kelangkaan Chip

Produksi Samsung Galaxy A52 dan A72 Terhambat Kelangkaan Chip

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 10:15 WIB
Galaxy A52
Produksi Samsung Galaxy A52 dan A72 Terhambat Kelangkaan Chip Foto: dok Samsung
Jakarta -

Dampak kelangkaan chip global sepertinya mulai dirasakan oleh vendor ponsel. Salah satunya Samsung yang dikabarkan kesulitan memproduksi beberapa ponsel di seri Galaxy A.

Berdasarkan laporan dari media Korea Selatan, ponsel yang menghadapi isu ini antara lain Galaxy A52, Galaxy A52 5G dan Galaxy A72. Akibatnya Samusng terpaksa menunda peluncuran beberapa varian di pasar penting.

Kedua ponsel ini telah diluncurkan secara global sejak bulan Maret lalu. Tapi saat ini hanya Galaxy A52 5G yang tersedia di Amerika Serikat dan belum ada kepastian kapan Galaxy A72 akan dirilis di sana.

Rupanya masalah yang dihadapi Samsung adalah kesulitan mendapatkan chipset dari Qualcomm, terutama Snapdragon 720G dan Snapdragon 750G. Kedua chipset ini digunakan oleh ponsel kelas menengah Samsung dan diproduksi oleh Samsung Foundry menggunakan pemrosesan 8 nm Low Power Plus (LPP).

Lebih lanjut, laporan ini juga mengatakan gangguan produksi Galaxy A membuat supplier komponen Samsung lainnya khawatir karena pendapatannya ikut terdampak, seperti dikutip dari Gizmochina, Selasa (18/5/2021).

Seperti diketahui, Snapdragon 720G dan Snapdragon 750G juga digunakan oleh beberapa ponsel Xiaomi, Realme, Vivo, dan Motorola. Tidak diketahui apakah vendor-vendor ini juga mengalami dampak yang sama.

Belum diketahui apakah ponsel atau produk Samsung lainnya ikut terdampak kelangkaan chip global. Vendor asal Korea Selatan ini diprediksi akan meluncurkan Galaxy S21 FE dan Galaxy Z Flip 3 dalam waktu dekat.

CEO Qualcomm Cristiano Amon beberapa bulan yang lalu mengatakan kelangkaan chip diperkirakan akan terus berlanjut sampai akhir tahun ini. Sementara CEO for IT & Mobile Communication Business Samsung DJ Koh sudah memperingatkan ketidakseimbangan suplai dan permintaan chip global.



Simak Video "Akankah Galaxy A52 Jadi Ponsel Android Terlaris di Dunia Berikutnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)