Xiaomi Lebih Populer Dibanding Apple di Eropa

Xiaomi Lebih Populer Dibanding Apple di Eropa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 09 Mei 2021 04:45 WIB
Xiaomi
Lei Jun memperkenalkan logo baru Xiaomi. Foto: dok Xiaomi
Jakarta -

Bisnis Xiaomi belakangan ini semakin moncer, dan riset terbaru menyebutkan kalau market share mereka di Eropa sudah menyalip Apple.

Berdasarkan data Q1 2021 dari Canalys, Xiaomi menyalip posisi Apple di Eropa, dan menduduki peringkat kedua di bawah Samsung. Market share Xiaomi mencapai 23% dibanding Apple yang hanya 19%.

Canalys pun menyebutkan pertumbuhan Xiaomi di Eropa mencapai 85% secara year on year, jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan Apple yang hanya 22%, demikian dikutip detikINET dari Android Authority, Minggu (9/5/2021).

Xiaomi memang belum terlalu lama merambah Eropa, dan mereka memang banyak bermain di HP dengan harga menengah ke bawah. Sementara Apple yang sudah lebih dari satu dekade ada di Eropa hanya bermain di kelas premium, yang pasarnya tentu lebih kecil dibanding HP dengan harga murah.

Namun menurut Canalys jika datanya dipersempit, yaitu ke Eropa Barat, Xiaomi masih berada di bawah Apple, karena market sharenya hanya 17% sementara Apple 25%. Dari sini terlihat kalau pertumbuhan Xiaomi yang drastis terjadi di Eropa Timur.

Bagaimana dengan Huawei, yang sebelumnya memang menjadikan Eropa sebagai salah satu pasar utamanya? Pada Q1 2021 Huawei harus puas ada di posisi ke-5, dengan market share 3%, turun 80% dibanding setahun sebelumnya. Yaitu di bawah Samsung, Apple, Xiaomi, dan Oppo.

Nasib Huawei ini kurang lebih sama di negara asalnya, yaitu harus merelakan posisinya disalip Vivo dan Oppo, dan market sharenya dipepet Xiaomi. Padahal, di China sebelumnya daerah 'kekuasaan' Huawei.

Dampak dari berbagai pemblokiran terhadap Huawei dari pemerintah Amerika Serikat memang begitu besar. Huawei pun bahkan sampai harus merambah bisnis lain, seperti software dan layanan. Karena bisnis perangkat mobilenya bisa dibilang sulit berkembang dengan berbagai peraturan dari pemerintah Negeri Paman Sam tersebut.



Simak Video "Xiaomi yang Ikuti Langkah Apple Jual Ponsel Tanpa Charger"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)