Menjajal Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K

Menjajal Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 02 Mei 2021 19:42 WIB
Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K
Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Salah satu perangkat ekosistem Xiaomi yang hadir pada 2021 ini adalah Mi 360 Home Security Camera 2K, yang punya bodi bulan dengan dominasi warna putih. Produk ini, sesuai namanya, adalah sebuah kamera keamanan atau kerennya disebut IP Cam.

Kemampuan yang membuat kamera besutan Xiaomi ini berbeda dibanding produk sejenis adalah resolusi maksimal yang didukung, yaitu 2K. Sementara produk sejenisnya hanya punya resolusi HD, atau paling mentok FHD. Dengan resolusi lebih tinggi, kita bisa meng-crop gambar lebih banyak untuk melihat objek yang lebih kecil.

Mi 360 Home Security Camera 2K ini pun punya fitur AI untuk mendeteksi orang dan gerakan. Contoh, penggunaannya jika kamera ini dipasang di bagian depan rumah, maka alat ini bisa mendeteksi orang yang datang ke dalam rumah.

Tak cuma itu, setelah mendeteksi, ia juga bisa memberikan notifikasi ke ponsel penggunanya lewat aplikasi Mi Home.

Video yang direkam bisa disimpan ke microSD, yang mana kapasitas yang didukung itu 16GB dan 32GB. Untuk kapasitas 32GB, video yang bisa tersimpan jika memakai resolusi 2K adalah kurang lebih 3 hari, dan jauh lebih lama lagi jika memakai resolusi yang paling rendah.

Berbicara mengenai kemampuan merekam video dalam kondisi gelapnya terbilang mumpuni karena ada fitur IR, yang akan mengubah mode gambar menjadi hitam putih saat tak ada cahaya. Namun tanpa mengaktifkan fitur IR ini pun, selama masih ada sedikit cahaya, kamera tetap bisa merekam gambar yang masih berkualitas relatif baik.

Oh iya, ada juga mikrofon dan speaker pada kamera ini, jadi yang bisa dipakai oleh pengguna untuk meneruskan suara dari ponsel ke kamera, atau sebaliknya, tentunya lewat aplikasi Mi Home, yang merupakan 'rumah' untuk produk-produk ekosistem Xiaomi.

Lewat aplikasi ini penggunanya juga bisa mengakses kameranya lewat internet, tentu jika kameranya juga terhubung ke router yang terhubung ke internet.

Untuk sumber listrik, Mi 360 Home Security Camera 2K ini membutuhkan daya 5v lewat power microUSB yang ada di bodinya. Adapun, untuk koneksi WiFi, yang didukung hanya 2,4GHz, sama seperti kebanyakan IP cam lainnya.

Untuk harga Rp 500 ribuan, fitur yang ditawarkan oleh Mi 360 Home Security Camera 2K ini terbilang lengkap dan mudah diakses lewat aplikasi Mi Home. Satu-satunya fitur yang disayangkan tidak ada di kamera ini kemampuan kamera berputar otomatis mengikuti gerakan objek.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)