Hilangkan Charger di iPhone 12, Apple Hemat 861.000 Ton Logam Mulia

Hilangkan Charger di iPhone 12, Apple Hemat 861.000 Ton Logam Mulia

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 20 Apr 2021 09:45 WIB
iPhone 12 Pro
Hilangkan charger dari iPhone 12 bikin Apple hemat ratusan ribu ton logam mulia. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple mengambil langkah berani menghilangkan charger pada kotak kemasan iPhone 12. Imbasnya perusahaan yang dikomandoi Tim Cook ini bisa menghemat 861.000 ton logam mulia.

Hal tersebut tertuang dalam laporan lingkungan terbaru yang dirilis Apple belum lama ini. Raksasa teknologi Cupertino itu mengatakan bahwa adaptor daya menggunakan bahan tertentu dalam jumlah terbesar seperti plastik, tembaga, timah, dan seng.

Setelah mengeluarkannya dari kemasan iPhone dan Apple Watch sejak 2020, Apple mengklaim telah menghemat 861.000 metrik ton tembaga, timah, dan bijih seng. Selain penambangan, langkah tersebut juga membantu mengurangi emisi yang berasal dari pemrosesan dan pengangkutan material.

Dalam laporan tersebut Apple turut menginformasikan

- Turbin angin Apple di Esbjerg, Denmark, menghasilkan energi yang cukup setiap tahun untuk memberi daya pada hampir 20.000 rumah.

- Siri, iMessage, dan iCloud semuanya berjalan dengan energi berkelanjutan.

- Peralihan chip Apple M1 untuk Mac mini mengurangi energi yang dibutuhkan saat menggunakan perangkat dan mengurangi emisi karbon secara keseluruhan sebesar 34%.

- Energi terbarukan yang diterapkan pada rantai pasokan telah mengurangi 8 juta ton emisi karbon

Laporan tersebut turut menjelaskan bagaimana Apple mencoba membuat produknya lebih hemat daya, dan langkah-langkah yang diambil untuk memastikan netralitas karbon di seluruh rantai pasokannya.

Seperti diketahui masalah lingkungan menjadi fokus utama Apple di bawah kepemimpinan CEO Tim Cook. Sejak 2015, mereka telah mencapai penurunan yang konsisten dalam jejak karbonnya.

Cook telah lama menjadi pendukung upaya pelestarian lingkungan lewat energi keberlanjutan. Dia bahkan lantang mengatakan kepada investor untuk menjual saham Apple milik mereka jika tidak peduli dengan upaya lingkungan yang dilakukan Apple.

Laporan Environmental Progress Apple ini dirilis mendahului peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April mendatang. Selain itu sehari setelah Apple mengucurkan dana USD 200 juta untuk mendukung upaya kehutanan yang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Dana pemulihan tersebut dibuat dengan mitra Conservation International dan Goldman Sachs, yang semuanya berupaya menghilangkan setidaknya 1 juta ton karbon dioksida dari atmosfer setiap tahun.



Simak Video "Ikuti Jejak iPhone 11, Apple Rilis iPhone 12 dan 12 Mini Warna Ungu"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)