Bocoran iPhone 13 Ungkap Sejumlah Fitur Baru, Apa Saja?

Bocoran iPhone 13 Ungkap Sejumlah Fitur Baru, Apa Saja?

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 19 Apr 2021 17:42 WIB
iPhone 13
Bocoran iPhone 13. Foto: iTechua
Jakarta -

Penerus iPhone 12 memang masih lima bulan lagi dirilis oleh Apple. Tapi bocoran iPhone 13 terus menyeruak mengungkap fitur barunya, apa saja yang bakal hadir?

Dihimpun detikINET, Senin (19/4/2021) berikut rangkuman sejumlah fitur baru yang bakal dibawa iPhone 13 berdasar sejumlah bocoran yang belakang ini wara-wiri di internet:

1. Panel Layar Baru

Apple konon akan membawa teknologi layar baru pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Keduanya akan menampilkan panel layar OLED LTPO.

Awalnya teknologi ini mau dihadirkan pada perangkat iPhone 12. Tapi Apple urung melakukannya karena tidak puas dengan kualitas akhir.

Namun kini sepertinya menjadi lebih baik sekarang, sehingga raksasa teknologi asal Cupertino itu memberi lampu hijau untuk penggunaan panel baru tersebut.

Nah dengan menggunakan layar OLED LTPO memungkinkan kecepatan refresh 120Hz tanpa mengorbankan masa pakai baterai.

2. Notch Lebih Kecil

Apple dikabarkan mengecilkan ukuran notch di iPhone 13. Hal tersebut terungkap dari bocoran gambar yang di-posting leaker Ice Universe belum lama ini.

Gambar tersebut tampaknya berasal dari perusahaan yang membuat pelindung layar, dan tidak jelas apakah perangkat yang ditampilkan secara akurat mencerminkan desain iPhone 13. Namun yang pasti ukuran notch lebih kecil daripada sebelumnya. Apple tampaknya berhasil melakukannya dengan memindahkan speaker ke bezel.

3. Kamera 48 MP

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa modul kamera pada seri iPhone 13 akan ditingkatkan secara signifikan. Ponsel tersebut disebutkan akan membawa kamera utama 48MP, dengan sensor yang lebih besar dari iPhone sebelumnya bahkan semua Android saat ini.

Sensor baru ini diharapkan menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dalam mode malam, serta dukungan untuk perekaman video 8K, dan dapat mengintegrasikan stabilisasi gambar yang diterapkan pada iPhone 12 Pro Max.

4. Chipset Lebih Ngebut

Apple akan menggunakan chip A15 dengan fabrikasi 5nm yang akan diproduksi oleh TSMC. Belum terdengar detail spesifik tentang chip ini, tetapi desain chip baru selalu menghadirkan peningkatan dalam kecepatan dan efisiensi.

iPhone 13 disebutkan akan membawa ruang penyimpanan internal yang lebih besar. Konon kapasitas teratas 1 TB, naik dari 512GB di model iPhone 12.

5. Koneksi Cepat

iPhone 13 bakal dibekali mode Snapdragon X60 yang diperkenalkan Februari lalu. Dengan proses 5 nanometer, modem ini menawarkan efisiensi daya yang lebih tinggi dengan ukuran yang lebih kecil daripada chip X55 yang digunakan pada model iPhone 12. Selain itu memungkinkan agregasi data 5G dari band mmWave dan sub-6GHz secara bersamaan untuk meningkatkan kecepatan dan jangkauan.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, Apple bakal memperluas dukungan iPhone 5G mmWave ke lebih banyak negara di seluruh dunia. Dia mengatakan bahwa infrastruktur untuk teknologi mmWave akan meningkat secara substansial tahun ini di Kanada, Jepang, Australia, dan negara-negara besar Eropa.

Selain 5G, analis Barclays yakin iPhone 13 akan mendukung WiFi 6E. Seperti diketahui WiFi 6 memberikan kinerja yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kecepatan data yang lebih cepat. Sedangkan WiFi 6E membawa kemampuan yang sama dengan peningkatan bandwidth pada pita WiFi 2.4 dan 5GHz, serta band 6Ghz yang merupakan band yang lebih baru dan lebih luas.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)