Bocoran iPhone 14 Kameranya 48 MP, Versi Mini Ditiadakan

Bocoran iPhone 14 Kameranya 48 MP, Versi Mini Ditiadakan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 15 Apr 2021 10:35 WIB
iPhone 12 Pro Max
iPhone 14 Bakal Punya Kamera 48 MP, Versi Mini Ditiadakan Foto: Dok. Apple
Jakarta -

iPhone 13 mungkin belum dirilis, tapi rumor soal iPhone 14 yang baru akan diluncurkan tahun depan sudah ramai bermunculan. Rumor ini menyebutkan iPhone 14 akan memiliki kamera 48 MP dan versi mininya akan ditiadakan.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan iPhone 14, atau apapun namanya nanti, yang meluncur tahun 2022 akan hadir dalam empat perangkat yang terdiri dari dua perangkat berukuran 6,1 inch dan dua perangkat berukuran 6,7 inch.

Dua dari iPhone itu akan menjadi model Pro yang high-end dan dua lainnya akan jadi model lower-end, sama seperti lini iPhone 12 saat ini, seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (15/4/2021).

Tapi dari perkiraan model tersebut, dapat dilihat bahwa Apple tidak akan menghadirkan model mini yang berukuran 5,4 inch. Apple pertama kali mengenalkan iPhone mini berukuran 5,4 inch di lini iPhone 12 dan sudah berencana meluncurkan iPhone 13 mini, tapi sepertinya ponsel mini ini akan dihentikan setelahnya.

Selain melangsingkan varian iPhone, Kuo juga meyakini Apple akan menghadirkan upgrade kamera yang cukup signifikan yaitu kamera 48 MP untuk iPhone 14. Tapi kamera yang lebih canggih ini hanya akan tersedia di model Pro dan Pro Max.

Sensor 48 MP merupakan fitur yang sangat umum di ponsel Android selama beberapa tahun belakangan, tapi komponen yang digunakan oleh iPhone 14 akan lebih besar dari sensor pada umumnya.

Sensor yang digunakan iPhone 14 berukuran 1/1,3 inch dengan ukuran pixel 1,25µm. Ini lebih kecil dari 1,7µm pixels yang digunakan iPhone 12 Pro Max, tapi Kuo mengatakan ukuran pixelnya akan setara dengan 2.5µm saat digunakan untuk mengambil foto 12 MP.

Selain kamera 48 MP, iPhone 14 model high-end akan bisa merekam video dengan kualitas 8K. Nantinya, menonton video hasil rekaman iPhone 14 di TV atau display 8K akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

Sedangkan untuk iPhone generasi selanjutnya, Kuo mengatakan iPhone akan mulai menggunakan lensa telephoto, dan sistem Face ID bawah layar yang mungkin akan menghilangkan notch pada tahun 2023.

Kuo sebelumnya mengklaim Apple akan mengenalkan desain punch-hole untuk kamera depan iPhone 14 dan setidaknya satu iPhone yang meluncur di tahun 2023 akan memiliki Touch ID di bawah layar dan layar penuh tanpa notch atau punch-hole.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)