Peluncuran iPad Pro 2021 Terganjal, Ini Penyebabnya

Peluncuran iPad Pro 2021 Terganjal, Ini Penyebabnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 13 Apr 2021 07:43 WIB
iPad Pro 2020
iPad Pro 2020. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Rumor peluncuran iPad Pro anyar sudah beredar sejak lama, awalnya disebut akan dirilis pada Maret lalu, lalu mundur ke April, dan sampai saat ini belum dirilis juga oleh Apple.

Kabarnya, peluncuran iPad Pro itu terganjal karena jenis panel layar yang dipilih oleh Apple untuk varian 12,9 inch, yaitu Mini LED. Pasokan panel layar itu saat ini terhambat, yang juga menjadi dampak dari kelangkaan chip yang terjadi secara global.

Pasokan Mini LED itu tak bisa memenuhi permintaan Apple, dan bahkan salah satu pembuat panel layarnya sedang menyetop produksinya untuk sementara, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (13/4/2021).

Kabar ini sejalan dengan laporan Nikkei sebelumnya, yang menyebut produksi iPad dan MacBook terhambat karena pasokan layar dan komponen pendukung layar yang tak mencukupi. Namun laporan tersebut memang tak menjelaskan model yang terdampak dari masalah tersebut.

Panel Mini LED ini kabarnya memang hanya dipakai di varian iPad Pro 12,9 inch, jadi kemungkinan yang pengapalannya tertunda hanya varian tersebut. Sementara untuk varian iPad lain disebut tak menggunakan panel tersebut, meski tetap dilengkapi sejumlah pembaruan.

Pembaruan tersebut antara lain adalah prosesor yang lebih kencang, setara dengan chip M1 yang dipakai Apple di perangkat Mac. Lalu juga port USB-C yang diperbarui, juga kamera yang lebih baik.

Chip prosesor tersebut kabarnya akan bernama A14X, yang dibuat dengan pabrikasi 5nm seperti chip M1 yang mendapat banyak pujian karena performanya yang tinggi.

Penggunaan panel Mini LED dipercaya akan memberikan layar yang lebih baik untuk iPad pro. Yaitu rasio kontras yang lebih tinggi, dan juga tingkat kecerahan maksimal yang lebih baik.



Simak Video "Apple Rilis iPad Pro Terbaru, Apa yang Berbeda dari Sebelumnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)