Smartphone Bakal Punya Sensor untuk Deteksi COVID-19

Smartphone Bakal Punya Sensor untuk Deteksi COVID-19

Josina - detikInet
Minggu, 11 Apr 2021 21:15 WIB
Woman demonstrating new modern smartphone with blank white screen for advertisement or application mockup
Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Teknologi semakin berkembang pesat termasuk teknologi kesehatan. Saat ini banyak jam tangan pintar atau smartwatch yang sudah dilengkapi dengan teknologi sensor detak jantung, sensor oksigen dalam darah hingga monitor EKG untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung.

Hal tersebut yang memungkinkan juga untuk teknologi serupa berada juga di dalam smartphone seperti fitur sensor yang dapat mendeteksi virus COVID-19.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, ini merupakan hasil kerja dari para peneliti di General Electric yang baru saja mendapatkan hibah dari National Institute of Health di mana mereka akan mengembangkan sebuah teknologi sensor untuk dibenamkan di smartphone, yang nantinya bisa digunakan untuk mendeteksi COVID-19.

Menurut tim peneliti, mereka mengklaim sensor mereka memiliki kemampuan deteksi yang sama dengan instrumen analitik yang lebih besar yang ada di laboratorium. Mereka juga mengklaim bahwa sensor buatan mereka cukup sensitif sehingga mampu mengisolasi partikel virus tanpa gangguan dari elemen lain.

Namun teknologi ini masih dibilang jauh pengaplikasiannya karena mereka membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan untuk menyempurnakan dan meningkatkan teknologi dan meskipun demikian, belum tentu ada jaminan bahwa pembuat smartphone akan mengadopsinya.

Meski demikian ini menunjukkan kemungkinan teknologi yang canggih di mana nantinya ponsel di masa depan mungkin dapat memberikan peringatan akan adanya zat biologis berbahaya di udara.



Simak Video "Terus Merugi, Bisnis Smartphone LG Gulung Tikar"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)