AMD Ryzen 5000 Mobile Diklaim Punya Efisiensi Tinggi

AMD Ryzen 5000 Mobile Diklaim Punya Efisiensi Tinggi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 11 Apr 2021 14:33 WIB
AMD Ryzen 5000 Mobile
Foto: Dok. AMD
Jakarta -

AMD merilis Ryzen 5000 Mobile di Indonesia pada akhir Maret lalu, dan mereka mengklaim kalau prosesor laptop baru ini punya efisiensi yang tinggi.

Ryzen 5000 Mobile adalah prosesor dengan arsitektur Zen 3 yang dibuat dengan pabrikasi 7nm. Prosesor ini dijanjikan cocok untuk kalangan gamer, kreator konten, dan profesional.

Penggunaan arsitektur Zen 3 di prosesor ini dijanjikan punya efisiensi daya yang optimal untuk perangkat laptop, baik gaming maupun ultrathin, namun tetap punya perfoma yang tinggi.

"AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processor dengan arsitektur Zen 3 terbaru, hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna yang mebutuhkan kinerja laptop yang handal dan sekaligus peningkatan power efficiency yang jauh lebih baik," ujar Armawati Cen, AMD Business Development Manager untuk Indonesia dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Sehingga laptop dapat memiliki battery life yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga prosesor terbaru AMD ini dapat mendukung produktivitas dan mobilitas pengguna dengan lebih baik," lanjutnya.

Ada dua seri Ryzen 5000 Mobile, yaitu seri H dan U. Seri H ditujukan untuk perangkat laptop gaming dan kreator konten. Rating thermal design power (TDP) prosesor ini adalah 35-45W, dan dijanjikan punya performa tinggi dan punya ketahanan baterai luar biasa. Pengalaman bermain gamenya pun diklaim setara dengan PC desktop.

Untuk Seri H ini ada beberapa varian, yaitu HX, H, dan HS. Ryzen 5000 HX adalah prosesor pertama AMD untuk laptop yang punya fitur unlock CPU, di mana pengguna bisa mengatur clock speed, frekuensi memori, ataupun timing memori, alias bisa di-overclock.

Ryzen 9 5980HX diklaim mampu memberikan peningkatkan performa single-threaded hingga 23% dan performa multi-threaded hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, menjadikan solusi ideal untuk para gamer dan pro kreator.

Lalu ada Ryzen 5000 HS, yang punya TDP lebih rendah yaitu 35W, dan ditujukan untuk laptop gaming berbodi tipis dan ringan. Meski begitu, konfigurasi corenya tetap gahar, hingga delapan core dan 16 thread.

Terakhir adalah Ryzen 5000 U, yang disebut AMD sebagai perpaduan sempurna antara performa dan efisiensi daya. Prosesor ini diklaim bakal membuat laptop tipis dan ringan punya daya tahan baterai yang sangat lama, namun dengan performa yang tetap andal.

Salah satu prosesor di seri ini adalah Ryzen 7 5800U, yang punya performa single threaded 16% lebih tinggi dan multithread 14% lebih tinggi dibanding sebelumnya. Daya tahan baterainya sampai dengan 17,5 jam, dan bisa memutar video sampai 21 jam dalam sekali pengisian daya.

Jajaran laptop dengan prosesor Ryzen 5000 Mobile ini bakal hadir dari pabrikan seperti Acer, Asus, HP, dan Lenovo di Indonesia mulai dari Q2 2021.



Simak Video "AMD dan Intel Kejar-kejaran Jajaki Portofolio Laptop Asus"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)