Apple M2 Dibuat Pakai Node 4nm, Dirilis Akhir 2021

Apple M2 Dibuat Pakai Node 4nm, Dirilis Akhir 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 02 Apr 2021 11:09 WIB
Apple M1
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Prosesor Apple untuk Mac yang selanjutnya tampaknya akan dirilis pada akhir 2021, dan bakal dibuat dengan teknologi 4nm.

Prosesor tersebut kemungkinan akan dinamai M2, penerus dari M1 yang saat ini menjadi otak untuk sejumlah perangkat Mac anyar. Jika M1 dibuat menggunakan pabrikasi 5nm, maka penerusnya itu bakal dibuat dengan pabrikasi 4nm.

Dilansir DigiTimes, Apple sudah mengamankan pesanan chip seri M-nya ke TSMC, yang berbasis pada node N4, dan bakal diproduksi massal pada Q4 2021. Jadwal ini lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, yaitu baru bisa diproduksi massal pada 2022.

Jika benar, maka Mac baru dengan prosesor M2 tersebut paling cepat baru akan dirilis pada awal 2022 mendatang, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Jumat (2/4/2021).

Penggunaan pabrikasi 4nm ini seharusnya membantu Apple dalam membuat chip yang lebih kencang dan efisiensi daya yang lebih baik. Pabrikasi yang lebih kecil juga membuat mereka bisa membenamkan lebih banyak transistor ke dalam chipnya.

Selain untuk membuat prosesor M2, Apple juga bekerja sama dengan TSMC untuk membuat chip A15, yang bakal dipakai di iPhone 13. Bedanya, A15 akan dibuat dengan proses N5, yaitu N5 Plus atau N5P.

Rumor yang sebelumnya beredar adalah Apple kabarnya tengah mempersiapkan lini MacBook Pro terbarunya, yang mempunyai desain berbeda dibanding sebelumnya. MacBook Pro baru itu kabarnya tersedia dalam varian 14 dan 16 inch.

Lalu Apple pun disebut menyiapkan iMac dengan desain baru, yaitu layar yang bezelnya lebih tipis dan menggunakan prosesor Apple Silicon. Namun, jika melihat sejarah Apple, perangkat dengan desain baru itu kemungkinan baru akan diluncurkan saat Apple Silicon generasi ke-2 sudah siap dipakai.

Pasalnya, Apple sebelumnya memilih untuk menggunakan desain lama saat menggunakan prosesor dengan arsitektur baru. Contohnya saat mereka pindah dari Power PC ke Intel, dan kini dari Intel ke M1.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)