Bocoran Terbaru iPhone 13, Tampil dengan Notch Lebih Kecil

Bocoran Terbaru iPhone 13, Tampil dengan Notch Lebih Kecil

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 14:41 WIB
Bocoran iPhone 13 tampilkan notch lebih kecil
Bocoran Terbaru Tampilkan iPhone 13 dengan Notch Lebih Kecil Foto: MacRumors
Jakarta -

iPhone 13 dirumorkan akan hadir dengan desain notch lebih kecil. Bocoran foto terbaru sepertinya mendukung rumor tersebut.

Bocoran ini datang dari iRepair, penyedia layanan perbaikan di Yunani lewat sebuah foto yang dibagikan ke MacRumors. Mereka membagikan foto yang diklaim merupakan panel kaca untuk layar iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Ukuran panel tersebut sama seperti ukuran layar yang digunakan oleh kuartet iPhone 12 yaitu 5,4 inch, 6,1 inch dan 6,7 inch. Tapi notch yang ada dalam foto tersebut terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan yang digunakan di iPhone 12.

Ukuran notch tersebut bisa dirampingkan karena speaker earpiece dipindahkan dari notch ke bagian atas bezel. Desain ini sempat dirumorkan untuk iPhone 12 tahun lalu tapi ternyata tidak terwujud, seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (25/3/2021).

Analis Apple Ming-Chi Kuo dan beberapa sumber lainnya sebelumnya mengklaim beberapa komponen Face ID akan disatukan di iPhone 13 untuk mengecilkan ukuran notch. Tapi mereka tidak pernah menyebut pemindahan posisi earpiece.

Apple pertama kali mengenalkan desain notch di iPhone X yang meluncur tahun 2017. Desain ini dipilih agar tetap bisa mengakomodasi komponen dan sensor untuk Face ID.

Setelah mengecilkan ukuran notch, Apple diprediksi akan beralih ke desain punch hole untuk iPhone yang diluncurkan tahun 2022, mengikuti desain yang telah digunakan sederet ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S21 dan Xiaomi Mi 11.

Setelah itu, pada tahun 2023 perusahaan besutan Steve Jobs ini akan menghadirkan iPhone dengan layar penuh tanpa notch atau lubang di layat dan menggunakan sensor sidik jari bawah layar.

Selain notch, iPhone 13 (atau apapun namanya nanti) akan memiliki desain yang mirip seperti iPhone 12. Tapi fiturnya akan mengalami pengingkatan, seperti refresh rate 120Hz untuk model Pro, baterai yang lebih besar, chip A15 yang lebih cepat, dan kamera yang lebih canggih.

Tidak seperti peluncuran iPhone 12 yang terlambat karena pandemi COVID-19, peluncuran iPhone 13 tahun ini diprediksi akan kembali ke jadwal normal pada September 2021.



Simak Video "Triliunan Jangkrik 'Brood X' Akan 'Menyerbu' 15 Negara Bagian AS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)