Inikah Layar untuk iPhone 13?

Inikah Layar untuk iPhone 13?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 23 Mar 2021 16:20 WIB
Waduh! Beli iPhone Rp 22 Juta, Wanita Ini Malah Dikirimi Yoghurt Apel
Foto: Sina Weibo/Site
Jakarta -

Apple diperkirakan bakal merilis iPhone baru pada akhir 2021 ini, biasanya pada bulan September. Kini beredar rumor layar yang bakal dipakai di iPhone tersebut.

Sebuah laporan dari media Korea Selatan yang menyebut iPhone tersebut (mungkin bernama iPhone 13) bakal memakai panel dari Samsung. Tepatnya panel tersebut bertipe LTPO dan punya refresh rate 120Hz.

LTPO adalah panel layar yang mengkonsumsi daya lebih sedikit ketimbang panel pada umumnya. Pengiritan konsumsi daya ini perlu dilakukan jika menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz, yang konsumsi dayanya lebih besar dibanding layar dengan refresh rate lebih rendah.

Apple pun sebelumnya sudah pernah menggunakan panel LTPO, yaitu di Apple Watch. Penggunaan panel ini membuat mereka bisa memberikan fitur always on display, agar konsumsi daya yang lebih tinggi tersebut bisa diimbangi oleh penggunaan panel LTPO.

Soal penggunaan layar dengan refresh rate tinggi, Apple bisa dibilang tertinggal cukup jauh dibanding berbagai pabrikan ponsel Android, yang sudah mulai menggunakan layar dengan refresh rate 90Hz ke atas, bahkan di ponsel kelas menengah.

Padahal, Apple sudah memakai layar 120Hz ini di iPad Pro, yang mereka beri nama ProMotion. Yaitu fitur yang pada dasarnya adalah adaptive high refresh rate, alias menampilkan refresh rate sesuai dengan aplikasi yang sedang dibuka.

Dibandingkan dengan layar 60Hz, layar 120Hz (atau lebih) bisa menampilkan animasi gambar yang lebih halus dan realistis. Selain itu, di perangkat yang memang ditujukan untuk menggambar atau menulis menggunakan stylus, refresh rate tinggi ini akan mengurangi efek delay saat menggoreskan stylus pada layar.

Saat dipakai bermain game pun, layar dengan refresh rate tinggi tentu bisa menampilkan gambar dengan frame per second (fps) lebih tinggi, tentunya dengan syarat 'otak' perangkatnya juga mampu memproses grafisnya itu.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)