Apple Jajal iPhone Tanpa Colokan

Apple Jajal iPhone Tanpa Colokan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 02 Mar 2021 11:40 WIB
iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple disebut tengah menjajaki kemungkinan iPhone tanpa port lightning, alias benar-benar tanpa colokan.

Penjajakan ini kabarnya dilakukan dengan menguji sebuah versi iPhone tanpa port bisa melewati proses recovery alias instal ulang. Caranya dengan menggunakan mode 'Internet Recovery', yang membuat proses instalasi iOS yang tak membutuhkan koneksi ke Mac ataupun PC.

Sebabnya selama ini proses perbaikan iPhone yang rusak sistem operasinya membutuhkan koneksi ke perangkat lain, yaitu menggunakan port lightning yang ada di iPhone. Nah, jika nantinya Apple benar-benar merilis iPhone tanpa colokan, maka proses inilah yang harus dipastikan terlebih dahulu.

Dilansir Apple Insider, Senin (1/3/2021), tim software Apple disebut tengah mencoba tiga cara untuk memperbaiki sistem operasi iPhone untuk proses recovery ini.

Metode pertama adalah di mana pengguna harus 'memaksa' iPhone masuk ke mode recovery manual, tujuannya untuk mengaktifkan broadcast Internet Restore. Langkah ini membutuhkan perangkat Mac atau PC dengan iTunes ada di dekatnya, yang kemudian akan memandu pengguna dalam proses instalasi selanjutnya.

Metode kedua adalah membuat perangkat bisa masuk ke mode recovery secara otomatis, namun tetap membutuhkan perangkat Mac atau PC dengan iTunes di dalamnya.

Metode ketiga menggunakan Bluetooth, yang dijadikan cara terakhir untuk mengirimkan sinyal dan data.

Apple sendiri disebut lebih tertarik pada metode pertama dan kedua, dan disebut sudah menguji proses recovery itu selama beberapa waktu. Namun prosesnya sendiri disebut terlalu lambat untuk penggunaan di konsumen umum, yang artinya mereka masih butuh waktu untuk mempercepat prosesnya.

Namun bukan berarti mereka melupakan akses fisik untuk proses tersebut. Karena tim hardware Apple pun kabarnya mempertimbangkan kemungkinan pemakaian pogo pad untuk melakukan koneksi fisik, alias tetap tak membutuhkan kehadiran port di iPhone.

Metode tersebut, untuk saat ini, kabarnya dilakukan dengan menggunakan konektor yang menyerupai dan dicolokkan ke dalam slot SIM card. Konektor rahasia semacam ini sebenarnya bukan hal baru bagi Apple, karena mereka sudah melakukan hal serupa di Apple TV dan Apple Watch.

Rumor kehadiran iPhone tanpa colokan sendiri sebenarnya sudah menyebar sejak lama, namun hingga saat ini belum ada bukti kuat kalau mereka akan menghilangkan colokan di iPhone generasi selanjutnya.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)