Ponsel dengan Kamera Selfie 100 MP Akan Segera Hadir

Ponsel dengan Kamera Selfie 100 MP Akan Segera Hadir

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 06:17 WIB
M11 Lei Jun Editiion
Ponsel dengan Kamera Selfie 100 MP Akan Segera Hadir Foto: Sina Mobile
Jakarta -

Ponsel dengan kamera belakang 108 MP saat ini sudah biasa. Siap-siap sebentar lagi akan ada ponsel dengan kamera selfie hingga 100 MP.

Tipster asal China Digital Chat Station dalam postingannya di Weibo mengatakan ponsel dengan kamera depan 100 MP akan segera hadir. Sayangnya ia tidak menjelaskan vendor atau model ponsel spesifik yang akan mengusung fitur ini seperti dikutip dari XDA Developers, Kamis (18/2/2021).

Walau fitur ini terdengar mengesankan, ada banyak alasan kenapa vendor ponsel seharusnya tidak terburu-buru untuk meluncurkan ponsel dengan kamera depan 100 MP ke atas.

Salah satu alasannya adalah sulitnya menempatkan sensor kamera 100 MP di depan ponsel karena ukurannya jauh lebih besar daripada sensor 8 MP, 13 MP, 20 MP atau 32 MP yang saat ini digunakan oleh banyak ponsel.

Ini artinya, vendor ponsel harus merancang bezel, potongan punch-hole, atau notch yang jauh lebih besar untuk memastikan sensor ini bisa muat di bagian depan ponsel.

Sensor 108 MP yang digunakan di kamera belakang saat ini cukup memakan banyak tempat. Samsung belum lama ini berhasil mengecilkan ukuran sensor kamera 108 MP secara fisik hingga jadi sedikit lebih kecil dibandingkan pendahulunya.

Tapi dengan proses pengecilan ini, muncul lagi masalah lainnya. Ukuran sensor yang terlalu kecil akan mengorbankan pixel, dan ukuran pixel yang terlalu kecil tidak akan bisa menangkap cahaya dengan optimal saat mengambil gambar dengan pencahayaan yang minimal, bahkan jika mengambil foto dengan teknologi pixel binning.

Ada solusi yang bisa diterapkan vendor yaitu dengan mengadopsi mekanisme kamera flip ala Asus Zenfone 6 dan Zenfone 7. Dengan mekanisme ini, pengguna tetap bisa memanfaatkan kamera 108 MP untuk mengambil selfie tanpa harus mengkhawatirkan tempatnya.

Belum lama ini kita juga melihat bocoran Xiaomi Mi 11 Ultra yang menghadirkan layar mini di samping kamera belakangnya yang sepertinya digunakan untuk membantu mengambil selfie dengan kamera belakang.

Selain masalah tempat, manfaat kamera selfie 100 MP juga menjadi tanda tanya. Salah satu alasan vendor mengenalkan fitur ini adalah untuk memungkinkan pengguna memperbesar dan memotong foto karena berkat pixel yang banyak. Tapi berapa banyak pengguna yang mau men-zoom hasil selfienya?

Kamera selfie 100 MP bukan satu-satunya teknologi kamera terbaru yang akan hadir dalam waktu dekat. ZTE dikabarkan sedang mengembangkan Axon 30 Pro yang akan menjadi ponsel pertama di dunia dengan kamera 200 MP.

Bagaimana detikers, kalian tertarik membeli ponsel dengan kamera selfie 100 MP?



Simak Video "Kabar Gembira! Nokia Seri C,G dan X Bisa Gunakan Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)