Ini Bukti iPhone 12 Mini Kurang Diminati

Ini Bukti iPhone 12 Mini Kurang Diminati

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 21:40 WIB
wujud iPhone 12 mini terungkap lewat video hands-on
iPhone 12 Mini (kanan). Foto: YouTube/George Buhnici via GSM Arena
Jakarta -

Apple disebut akan menghentikan produksi iPhone 12 Mini lantaran terindikasi kurang diminati oleh para fanboy. Laporan ini semakin sahih dalam laporan terbaru yang disusun oleh biro riset Counterpoint Research.

Dalam data penjualan di Amerika Serikat pada paruh pertama Januari 2021 kemarin, penjualan iPhone 12 Mini hanya mencakup 5% dari seluruh varian iPhone 12 yang terjual di Negeri Paman Sam itu alias paling sedikit pembelinya.

Hal itu menandakan smartphone ukuran kecil semakin kurang diminati. Konsumen banyak beralih ke smartphone ukuran lebih besar karena lebih lapang dalam melihat konten. Bahkan iPhone 11 pun terindikasi lebih disukai ketimbang iPhone 12 Mini.

"Hal ini sesuai dengan apa yang kami saksikan di pasar global yang lebih luas, di mana layar di bawah 6 inch kini hanya mencakup sekitar 10% dari seluruh smartphone yang terjual," sebut Tom Kang, analis Counterpoint yang dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (10/2/2021).

Sebelumnya dalam catatan yang disampaikan pada investor, analis William Yang dari JP Morgan merevisi sebagian prediksinya soal produksi iPhone 12. Ia meyakini Apple mendapatkan paling banyak keuntungan dari iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Pro serta versi sebelumnya, iPhone 11.

Yang pun memangkas perkiraan produksi dari iPhone 12 dan iPhone 12 Mini, bahkan iPhone 12 Mini mungkin akan setop produksi. "Yang mencatat bahwa karena sepertinya permintaan iPhone 12 Mini lemah, rantai suplai mungkin akan menghentikan produksinya di kuartal II 2021," tulis Apple Insider.

Hal ini bukan berarti iPhone 12 Mini berhenti dijual. Dihentikannya produksinya lebih karena stoknya mungkin sudah dianggap cukup memadai sehingga tidak perlu dibuat lagi. Seperti biasa, Apple tidak berkomentar terhadap spekulasi pasar ini.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)