Tantang iPhone 12 Mini, Sony Bakal Hidupkan Lagi Xperia Compact

Tantang iPhone 12 Mini, Sony Bakal Hidupkan Lagi Xperia Compact

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 27 Jan 2021 10:02 WIB
Xperia Compact 2021
Gambar render Sony Xperia Compact 2021. Foto: Dok. OnLeaks
Jakarta -

Sony disebut bakal menghidupkan kembali lini ponsel 'Compact' pada tahun ini, dan tampaknya hal itu dilakukan untuk menantang iPhone 12 Mini, yang sama-sama punya bodi mungil.

Xperia Compact 2021 bakal punya layar 5,5 inch, yang jauh lebih kecil dibanding ponsel Sony saat ini yang layarnya sangat besar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (27/1/2021).

Ponsel ini menurut OnLeaks bakal punya dimensi 140 x 68,9 x 8,9 mm, sedikit lebih besar dari iPhone 12 Mini yang dimensinya adalah 131.5 x 64,2 x 7,4 mm. Selain itu, beberapa bocoran spesifikasinya adalah kamera selfie 8 megapixel yang tersimpan di notch tetesan air.

Lalu kamera belakangnya ada dua, dengan kamera utama 13 megapixel. Sensor sidik jarinya tersimpan di tombol power dan ponselnya masih punya port audio 3,5mm.

Jika benar dirilis, ponsel ini bakal meneruskan varian ponsel 'Compact' yang terakhir dirilis pada 2018, yaitu Xperia XZ2 Compact, yang punya dimensi serupa dengan bocoran dimensi yang sebelumnya disebutkan, namun dengan layar lebih kecil (5 inch).

Namun pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana dengan spesifikasinya. Apakah akan sama dengan jajaran ponsel flagship yang layarnya ekstra besar, atau spesifikasinya akan diturunkan layaknya ponsel Android lain yang tak menggunakan layar besar.

Pada XZ2 Compact sebenarnya Sony menawarkan spesifikasi yang setara dengan varian non 'Compact' lain. Yaitu spesifikasi layaknya ponsel flagship namun dengan layar lebih kecil.

Selain soal spesifikasi, pertanyaan berikutnya adalah soal minat pengguna menggunakan ponsel dengan layar kecil. Pasalnya, meski seringkali banyak pengguna mengeluhkan layar ponsel masa kini yang terlalu besar, tampaknya hal itu tak sejalan dengan angka penjualan yang lebih baik dibanding varian dengan layar lebih besar.

Contoh terdekatnya adalah iPhone 12 Mini, yang ternyata penjualannya tak sebagus varian iPhone 12 lain yang layarnya lebih besar. Apple sampai harus menurunkan jumlah produksi iPhone 12 Mini yang kemudian dialihkan ke iPhone 12 Pro, karena permintaannya lebih besar.



Simak Video "Positif Corona, Sony 'J-rocks' Ingatkan Semua Patuh 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)