Dominasi Samsung di Pasar Ponsel 5G

Dominasi Samsung di Pasar Ponsel 5G

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 26 Jan 2021 10:15 WIB
Galaxy S21 Ultra
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Galaxy S21 Series 5G adalah lini ponsel 5G Samsung pertama yang diboyong ke Indonesia. Namun sebenarnya sejarah Samsung membuat ponsel 5G sudah jauh lebih panjang.

Pada April 2019, Samsung merilis ponsel 5G pertama mereka, yaitu Galaxy S10 5G. Ponsel yang mendukung koneksi internet super kencang itu dipasarkan Samsung di negara asalnya, Korea Selatan.

Saat itu, para operator seluler di Korsel memang baru mengkomersialkan jaringan 5G, dan mereka sedang getol-getolnya mempromosikan jaringan tersebut. Di situlah Samsung masuk dengan S10 5G.

Selain di Korsel, Samsung pun memasarkan ponsel tersebut di Amerika Serikat, tak lama setelah dirilis di Korsel. Pasalnya, operator seluler di AS pun baru meluncurkan jaringan 5G-nya secara komersil.

Setelah S10 5G, barulah Samsung mulai menghadirkan koneksi 5G di ponsel-ponsel buatannya. Tak sekadar di lini ponsel flagship seperti S20, Note 10, Z Flip, Fold, ataupun Z Fold 2, namun juga di jajaran ponsel midrange seperti A51, A71, dan A90.

Dari sejarah ini bisa dilihat kalau Samsung bisa mengikuti perkembangan zaman, seperti sudah merilis ponsel 5G sejak jaringan tersebut mulai dikomersilkan. Dan kini, mereka menghadirkan Galaxy S21 Series 5G di Indonesia, bahkan sebelum operator mulai menggelar jaringan generasi ke-5 tersebut.

Ditambah lagi, Galaxy S21 Series 5G ini juga mendukung frekuensi tak lazim untuk 5G, yang santer disebut bakal dipakai untuk penggelaran jaringan 5G di Indonesia, yaitu 2,3 GHz.

Ada tiga Galaxy S21 Series 5G yang dirilis di Indonesia, yaitu Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G. Tak cuma ponsel baru, Samsung pun merilis jajaran produk ekosistem mereka seperti Galaxy Buds Pro dan Galaxy Smart Tag serta Smart Tag+.



Simak Video "Resmi Dirilis, Ini Harga Galaxy S21 Series di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)