Perbandingan Samsung Galaxy Buds Pro, Buds Live, dan Buds+

Perbandingan Samsung Galaxy Buds Pro, Buds Live, dan Buds+

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 24 Jan 2021 16:15 WIB
Samsung Galaxy Buds Pro
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Samsung merilis Galaxy Buds Pro bersama dengan Galaxy S21 Series 5G, dan menjadi earphone true wireless stereo (TWS) Samsung yang paling canggih. Apa bedanya dibanding TWS Samsung yang terdahulu?

Sebelum ada Galaxy Buds Pro, Samsung sudah punya beberapa earphone TWS seperti Galaxy Buds+ dan Galaxy Buds Live. Yuk kita simak perbandingannya:

1. Desain

Samsung Galaxy Buds ProSamsung Galaxy Buds Pro Foto: Dok. Samsung

Dari segi desain, Galaxy Buds Pro terlihat lebih mirip dengan Galaxy Buds+ dibanding Galaxy Buds Live yang bentuknya seperti kacang. Galaxy Buds Pro dan Buds+ juga menggunakan eartips berbahan silikon, sementara Buds Live tidak.

Penggunaan eartips silikon ini juga membuat isolasi suara dari luar lebih baik, ketimbang Buds Live yang desainnya semi-open. Ditambah dengan kehadiran active noise cancelling, Galaxy Buds Pro tentu bisa mengisolasi penggunanya dari bermacam suara dari luar.

Galaxy Buds Pro juga mempunyai sertifikasi IPX7, naik kelas dari sertifikasi IPX2 yang ada di Buds+. Artinya TWS ini bisa dipakai untuk berolahraga ataupun berkegiatan di luar ruang, tanpa takut rusak karena terkena keringat atau air hujan.

Meski mirip, Galaxy Buds Pro punya satu perbedaan desain dengan Buds+, yaitu keberadaan 'sirip' silikon ada di Buds+, yang fungsinya mencantolkan earphone rongga telinga.

Casing keduanya pun berbeda, jika Buds+ casingnya berbentuk lonjong, Galaxy Buds Pro punya casing persegi. Mirip dengan casing Buds Live.

Ada tiga warna Galaxy Buds Pro, yaitu Phantom Black, Phantom Silver, dan Phantom Violet. Sesuai dengan warna yang ada di Galaxy S21 Series 5G.

2. Spesifikasi

Jika Buds+ dan Buds Live menggunakan satu driver (speaker yang ada dalam earphone), maka Galaxy Buds Pro mempunyai dua driver, 1 driver 11mm yang menangani frekuensi rendah alias bass, dan driver 6,5mm untuk frekuensi tinggi.

Penggunaan dua driver ini menurut Samsung menghasilkan suara yang lebih seimbang dan respon frekuensi yang lebih luas. Maka (seharusnya) kualitas suaranya pun akan lebih baik.

Dari segi software, ada juga teknologi yang dipakai untuk meningkatkan kualitas suaranya. Seperti 360 Audio dengan Dolby Head Tracking, yang bisa membuat penggunanya tetap berada di 'tengah panggung'. Perlu dicatat teknologi ini hanya berfungsi jika dipasangkan dengan ponsel atau tablet Samsung.

Halaman selanjutnya: noise cancellation dan baterai...