Pasang Chip Kecil Ini, Smartwatch Bisa Ukur Tekanan Darah Manusia

Pasang Chip Kecil Ini, Smartwatch Bisa Ukur Tekanan Darah Manusia

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Minggu, 17 Jan 2021 21:31 WIB
Sensor tekanan darah untuk smartwatch
Sensor tekanan darah untuk smartwatch. Foto: Dok. Valencell
Jakarta -

Perusahaan teknologi Valencell merancang sebuah chip sensor photoplethysmography (PPG) yang untuk mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah. Chip tersebut dapat dipasangkan di gadget seperti smartwatch.

Mengutip BGR, Minggu (17/1/2021), chip sensor PPG berukuran sangat kecil tersebut juga berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Ketika perangkat yang memiliki sensor PPG menempel di kulit telinga, jari, atau lengan manusia, maka tekanan darah dapat terbaca.

Berdasarkan keterangan Valencell, sensor PPG dapat membaca data aliran darah tubuh dan mengombinasikannya dengan karakteristik fisik pengguna, meliputi usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan. Data-data tersebut kemudian diolah dengan algoritma khusus untuk mendapatkan data pantauan tekanan darah.

Valencell menyebut hasil pantauan tekanan darah yang didapatkan dari sensor PPG buatan mereka, bisa disandingkan dengan hasil pemeriksaan menggunakan alat pengukur tekanan darah digital maupun manual.

Dalam keterangannya, Valencell menjelaskan chip sensor PPG tersebut dikembangkan untuk membantu orang-orang memantau tekanan darah mereka secara berkala.

Perusahaan telah melakukan survei dan didapatkan hasil 62 persen orang Amerika pengidap hipertensi yang menjadi responden mengaku hanya beberapa kali mengukur tekanan darah dalam sebulan. Padahal, mereka dianjurkan mengecek tekanan darah 2 kali sehari.

Pengecekan darah secara berkala merupakan hal krusial bagi para pengidap hipertensi. Dengan mengetahui perkembangan tekanan darah, mereka bisa mendapatkan perawatan yang tepat, termasuk dosis dan intensitas konsumsi obat.

Sementara itu, 75 persen responden mengaku mau mengukur tekanan darahnya sesuai rekomendasi asalkan ada perangkat pintar yang mempermudah mereka. Sensor PPG Valencell yang dipasang pada smartwatch atau perangkat wearable lainnya dianggap bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.

Valencell masih menunggu persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk memasangkan chip sensor PPG di perangkat wearable yang diproduksi massal. Diharapkan alat tersebut akan menolong banyak orang dari masalah hipertensi.



Simak Video "Tantangan Realme Pasarkan Produk saat Rupiah Terseok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)