Qualcomm Kenalkan Sensor Sidik Jari Ultrasonik Baru yang Lebih Ngebut

CES 2021

Qualcomm Kenalkan Sensor Sidik Jari Ultrasonik Baru yang Lebih Ngebut

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 17:50 WIB
Qualcomm pamerkan sensor sidik jari bawah layar terbaru 3D Sonic Sensor Gen 2
Qualcomm Kenalkan Sensor Sidik Jari Ultrasonik Baru yang Lebih Ngebut (Foto: Qualcomm)
Jakarta -

Qualcomm mengenalkan sensor sidik jari dalam layar ultrasonik terbarunya di ajang CES 2021. Sensor bernama 3D Sonic Sensor Gen 2 ini membawa banyak peningkatan dibanding pendahulunya, mulai dari area sensor yang lebih besar dan performa yang lebih kencang.

Dikutip dari The Verge, Selasa (12/1/2021) sensor generasi terbaru ini memiliki area sebesar 8mm x 8mm, 77% lebih besar dibanding area permukaan generasi pertama yang sebesar 4mm x 9mm.

Area permukaan yang lebih luas berarti pengguna akan lebih mudah menempatkan jarinya di sensor secara akurat dan memungkinkan sensor untuk mengumpulkan lebih banyak data di setiap pemindaian.

Dengan menggabungkan sensor besar dan pemrosesan yang lebih cepat, Qualcomm menjanjikan sensor sidik jari 3D Sonic Sensor Gen 2 bisa membuka kunci ponsel 50% lebih cepat.

Sensor sidik jari generasi pertama yang diluncurkan Qualcomm adalah 3D Sonic Sensor, yang diluncurkan bersama Snapdragon 855 dan digunakan oleh lini Samsung Galaxy S10. Saat itu, hampir semua sensor sidik jari dalam layar menggunakan sensor optikal yang disebut lebih lambat dan kurang akurat dibandingkan sensor ultrasonik.

Sensor terbaru ini sebenarnya adalah sensor sidik jari bawah layar ketiga yang dikenalkan oleh Qualcomm. Setelah meluncurkan 3D Sonic Sensor pada tahun 2018, mereka mengenalkan 3D Sonic Max pada tahun 2019 tapi tidak pernah diluncurkan secara komersial.

Qualcomm mengatakan ponsel pertama yang akan menggunakan 3D Sonic Sensor Gen 2 akan dirilis pada awal 2021. Perusahaan asal Amerika Serikat ini tidak mengungkap daftar mitra vendor yang akan menggunakan sensor terbarunya, tapi sepertinya teknologi ini akan digunakan oleh lini Samsung Galaxy S21.

Samsung merupakan salah satu mitra terbesar sensor sidik jari Qualcomm, setelah sebelumnya menggunakan sensor buatan mereka di Galaxy S10, Note 10, S20 dan Galaxy Note 20.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)