Samsung Umumkan TV Neo QLED Pakai Teknologi Mini LED, Keunggulannya?

CES 2021

Samsung Umumkan TV Neo QLED Pakai Teknologi Mini LED, Keunggulannya?

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 07 Jan 2021 07:15 WIB
Samsung Neo QLED
Foto: Samsung
Jakarta -

Samsung memanaskan perhelatan CES 2021 dengan membawa jajaran televisi barunya. Salah satunya Neo QLED yang membawa teknologi baru Mini LED, apa keunggulannya?

Menjelang dimulainya pameran elektronik tahunan yang kali ini digelar secara virtual, Samsung menggelar acara bertajuk First Look. Ada tiga portfolio yang diperkenalkan, selain Neo QLED yang telah disebutkan di awal, ada Micro LED dan Lifestyle TV.

Neo QLED

Samsung Neo QLED hadir dalam resolusi 8K (QN900A) dan 4K (QN90A). Keduanya membawa sumber cahaya baru, yang oleh raksasa teknologi asal Korea Selatan itu dinamakan Quantum Mini LED.

Samsung merancang Quantum Mini LED dengan tinggi hanya 1/40 dari LED konvensional. Alih-alih menggunakan lensa untuk menyebarkan cahaya, dan paket untuk mempertahankan posisi LED di tempatnya, Quantum Mini LED memiliki lapisan-lapisan mikro yang sangat tipis yang diisi dengan lebih banyak LED.

Samsung Neo QLEDPerbandingan LED konvensional dengan micro LED Foto: Samsung

Quantum Mini LED dikontrol secara presisi dengan Quantum Matrix Technology dan Neo Quantum Processor, prosesor gambar bertenaga yang dioptimalkan untuk Neo QLED.

Quantum Matrix Technology memungkinkan kontrol yang sangat halus dan presisi dari LED-LED yang padat tersebut, mencegah blooming. Sehingga memungkinkan pengguna menikmati konten sebagaimana dimaksud pembuatnya.

Neo QLED meningkatkan skala luminance menjadi 12-bit dengan 4096 langkah; membantu membuat area gelap menjadi lebih gelap dan area terang menjadi lebih cerah, menghasilkan pengalaman HDR yang lebih presisi dan imersif.

Samsung Neo QLEDPerbandingan konvensional dengan Neo QLED Foto: Samsung

Neo QLED mendapatkan keuntungan dari Neo Quantum Processor dengan kemampuan upscaling yang telah ditingkatkan. Dengan menggunakan hingga 16 model jaringan neural yang berbeda, masing-masing memiliki kemampuan AI upscaling dan teknologi deep learning, Neo Quantum Processor dapat mengoptimalkan kualitas gambar menjadi 4K dan 8K terlepas dari kualitas sumbernya.

Jajaran Neo QLED 8K 2021 memiliki Infinity One Design baru. Menyuguhkan layar nyaris bezel-less yang memberikan pengalaman menonton lebih imersif lagi, dengan desain dan form factor yang ramping. Terdapat Slim One Connect Box, sistem manajemen kabel baru yang dapat disambungkan ke bagian belakang TV, memungkinkan instalasi lebih mudah dan tampilan lebih estetis.

Neo QLED 8K 2021 juga menghadirkan beberapa fitur audio premium untuk memenuhi ruangan. Ada suara dinamis Object Tracking Sound (OTS) Pro yang mengikuti pergerakan obyek di layar, dan SpaceFit Sound yang mampu menganalisis lingkungan fisik di sekitar TV dan mengeluarkan suara imersif yang disesuaikan khusus dengan ruangan tersebut.

Samsung Neo QLEDSamsung Neo QLED Foto: Samsung

Neo QLED 8K dan 4K 2021 menawarkan berbagai fitur cerdas yang memperbesar peran TV dan membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka yang terus mengalami perkembangan dalam hal kebugaran, hiburan, dan home office.

Samsung Health dengan mudah mengubah rumah menjadi gym pribadi, dan fitur terbaru Smart Trainer mampu melacak dan menganalisis postur tubuh secara real time, layaknya pelatih pribadi. Selama dan setelah latihan, Smart Trainer akan memberikan umpan balik tentang pose tubuh, membantu menghitung repetisi, dan memperkirakan kalori yang terbakar.

Melalui video dan pelatihan interaktif melalui kontrol suara Bixby, Samsung Health Smart Trainer meningkatkan dan berikan pengalaman latihan olahraga lebih personal di rumah.

Dengan dua fitur eksklusif baru, Samsung menghadirkan pengalaman gaming terbaik di TV. Super Ultrawide GameView memberi gamer opsi untuk bermain, tidak hanya pada rasio aspek 21:9 yang lebar, tetapi bahkan pada rasio ultrawide 32:9.

Bidang pandang yang lebih luas memastikan gamer tidak melewatkan momen aksi apapun. Dan Game Bar memungkinkan pemain dengan cepat memantau dan menyesuaikan aspek penting permainan, seperti mengganti rasio aspek, memeriksa input lag, atau menghubungkan headset.

Terakhir, FreeSync Premium Pro meminimalkan stuttering sehingga pemain menikmati kualitas gambar yang halus di sepanjang permainan.

Samsung Neo QLEDGoogle Duo di Samsung Neo QLED Foto: Samsung

Dengan Google Duo, pengguna dapat melakukan panggilan video langsung di televisi ini menggunakan kamera opsional yang terhubung dengan USB. Dengan solusi smart cam, kamera bisa mengikuti gerakan pengguna, zoom in dan zoom out secara otomatis sehingga ukuran pengguna yang nampak lebih tepat dan selalu fokus.

PC on TV pada perangkat Samsung memungkinkan konsumen untuk menghubungkan PC ke TV, memungkinkan bekerja dan belajar di rumah menggunakan layar TV dengan mouse, keyboard, dan PC yang terhubung. Pengguna juga dapat langsung mengakses MS Office 365 melalui browser web TV untuk membuat dan mengedit dokumen.

MICRO LED

Di tahun 2021, janji akan teknologi terbaru Micro LED telah ditepati melalui lini MICRO LED baru. Samsung membuat Micro LED tersedia dalam form factor TV tradisional untuk pertama kalinya, menghadirkan pengalaman visual menakjubkan pada layar ultra besar generasi mendatang bagi konsumen.

Tersedia dalam ukuran 110 inci, 99 inci, dan ukuran-ukuran lebih kecil pada akhir tahun. Rangkaian MICRO LED terbaru menggunakan lampu LED berukuran mikrometer untuk mengeliminasi cahaya latar dan filter warna yang digunakan pada layar konvensional.

Teknologi tersebut menghasilkan warna serta kecerahan yang demikian hidup melalui 24 juta LED yang dikontrol secara individual. Dan dengan Monolith Design yang menghadirkan rasio screen-to-body lebih dari 99%.

Samsung Neo QLEDSamsung MICRO LED Foto: Samsung

Samsung telah berinovasi dengan fitur Smart TV untuk dapat memanfaatkan keunggulan dari besarnya layar Micro LED yang baru. Misalnya, konsumen dapat menggunakan fitur 4Vue(Quad View) untuk menonton empat sumber konten yang berbeda secara bersamaan di satu layar.

Penonton dapat menghubungkan beberapa perangkat eksternal untuk mengikuti beberapa pertandingan sekaligus, atau streaming panduan bermain saat memainkan video game - semuanya dalam kualitas dan ukuran yang menakjubkan.

Terakhir, pengalaman audio dinamis Micro LED baru juga sama imersifnya seperti konten visualnya. Dengan Majestic Sound, menyajikan suara 5.1 channel yang menakjubkan tanpa speaker eksternal, mentransformasi ruangan manapun menjadi home theater yang mewah.

Lifestyle TV

Samsung turut memperkuat lini Lifestyle TV 2021 dengan desain dan form factor baru yang mencerminkan minat dan selera konsumen yang terus berkembang. Sejak diluncurkan pada 2017, The Frame telah mendefinisikan ulang TV, mengubah layar menjadi karya seni menakjubkan, dengan lebih dari satu juta unit telah terjual.

Versi 2021 dibuat berdasarkan warisan inovasi The Frame sebelumnya, menawarkan pengalaman yang lebih dapat dikustomisasi dalam bentuk lebih ramping. The Frame lebih tipis sekitar setengahnya dibandingkan versi terdahulu, serupa ketebalan bingkai foto tradisional.

Samsung Neo QLEDSamsung The Frame Foto: Samsung

Opsi bezel baru yang dapat dilepas-pasang hadir dalam lima pilihan warna dan dua style berbeda-Modern dan Beveled-agar cocok dengan estetika ruangan manapun The Frame ditempatkan.

Dengan berlangganan Art Store terbaru dari The Frame, pengguna dapat menikmati lebih dari 1.400 karya yang dikurasi dengan cermat. Teknologi kurasi otomatis berbasis AI baru dari Samsung mampu menganalisis preferensi individual konsumen dengan lebih baik untuk merekomendasikan karya seni dengan lebih tepat.

Dengan pilihan kustomisasi yang hampir tak ada habisnya, portofolio Lifestyle TV Samsung termasuk The Frame, The Serif, The Sero, The Terrace, dan The Premiere, seketika meningkatkan interior rumah manapun.



Simak Video "Samsung: Tren Layar Lipat dan 5G, Jadi Daya Tarik Pasar Untuk Upgrade HP"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)