Perabotan Rumah Digital yang Ngetren di 2020, Kamu Punya?

Perabotan Rumah Digital yang Ngetren di 2020, Kamu Punya?

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 30 Des 2020 16:45 WIB
smart home
Perabotan Rumah Digital yang Ngetren di 2020, Kamu Punya? (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Teknologi membuat perabotan rumah tangga berevolusi menjadi peralatan rumah tangga modern. Tentu saja ini semakin memudahkan pengguna. Di 2020, ada beberapa perabotan rumah digital yang jadi tren.

Situasi pandemi di 2020 juga mendorong permintaan akan berbagai peralatan rumah tangga. Karena orang lebih banyak berkegiatan dari rumah selama pandemi, beberapa perabotan digital ini pun diminati. Beberapa di antaranya mungkin kamu punya juga.

Lampu UV-C Anti Corona Philips Buatan SignifyLampu UV portabel untuk disinfektan. Foto: Signify

1. Lampu UV portabel

Sejak pandemi, orang jadi lebih peduli akan kebersihan. Rumah pun perlu dibersihkan dari bermacam virus dan bakteri. Karena alasan itu, lampu ultraviolet (UV) portabel untuk disinfektan digital pun dilirik.

Di e-commerce, bertebaran sejumlah produk lampu UV yang bisa menjadi pilihan. Namun perlu diingat, penggunaan lampu ini tidak boleh sembarangan. Konsumen harus hati-hati dan baca aturan pakainya dengan baik, agar alat ini bisa maksimal mendisinfeksi rumah.

xiaomi penyedot debu dan lampu pintarRobot pembersih debu. Foto: Xiaomi

2. Robot vacuum cleaner

Robot vacuum cleaner membantu penggunanya membersihkan rumah. Sementara kita mengerjakan pekerjaan lain seperti WFH atau menemani anak sekolah online, rumah tetap bersih dengan bantuan robot yang bisa menyapu dan mengepel lantai ini.

Kebanyakan robot vacuum cleaner dibanderol dengan harga tinggi, paling mahal rata-rata Rp 4 jutaan. Namun seiring makin banyak yang tertarik menggunakannya, kini banyak juga alternatifnya yang lebih murah di harga ratusan ribu.

air purifierAir purifier untuk membersihkan udara. Foto: Istimewa

3. Air purifier

Ketika semua orang berusaha melawan virus Corona, upaya apapun akan dilakukan untuk mengurangi peluang terinfeksi virus, termasuk membeli produk air purifier atau pembersih udara.

Pembersih udara dengan filtrasi HEPA dinilai efektif untuk menangkap partikel yang lebih kecil dari virus yang menyebabkan COVID-19. HEPA (high-efficiency particulate air) sendiri merupakan teknologi yang menggunakan kipas untuk menarik partikel yang ada di udara dan menangkapnya.

speaker pintar google homeSpeaker pintar Google Home. Foto: Istimewa

4. Speaker pintar

Speaker pintar sebenarnya sudah mulai marak sejak beberapa tahun sebelumnya, namun trennya meningkat di 2020 karena orang mencari asisten virtual untuk mendukung kegiatan di rumah.

Berbagai perusahaan teknologi sudah merilis speaker pintar ini dari Google sampai Amazon, dengan asisten digital di dalamnya. Speaker pintar dengan asisten digital bisa membantu semua kegiatan dan kebutuhan kita sejak bangun tidur hingga tidur kembali dari mulai mengingatkan jadwal, membangunkan tidur, hingga menyalakan TV dan AC.

Lampu pintarLampu pintar terkoneksi ke smartphone dan asisten digital. Foto: Arbit

5. Lampu pintar

Lampu pintar terkoneksi dengan WiFi agar bisa dikendalikan dengan mudah melalui smartphone atau lewat speaker pintar. Yang menarik dari lampu pintar, bisa mengubah-ubah cahaya sesuai keinginan, bahkan mengubah warnanya untuk disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Selain itu, lampu juga bisa kita atur kapan waktunya menyala atau dimatikan di jam-jam tertentu. Lampu pintar jadi salah satu peralatan rumah tangga berbasis IoT (Internet on Things) yang cukup terjangkau di kisaran Rp 90 ribu - Rp 500 ribu dan banyak pilihannya.



Simak Video "Tokopedia Tawarkan 2 Program untuk Peserta Program Kampus Merdeka"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)