5 Keuntungan Transaksi Nontunai dengan LinkAja

5 Keuntungan Transaksi Nontunai dengan LinkAja

Abu Ubaidillah - detikInet
Rabu, 16 Des 2020 10:46 WIB
LinkAja
Foto: LinkAja
Jakarta -

Era cashless society memang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Di era ini, masyarakat harus mulai bersiap menyesuaikan diri dengan digitalisasi beragam lini kehidupan. Kemudahan dan kenyamanan menjadi alasan transaksi digital makin diminati masyarakat.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, segala transaksi digital atau cashless semakin relevan. Pasalnya, dengan bertransaksi secara digital maka bisa meminimalisir penyebaran virus yang bisa terjadi lewat kontak fisik atau penggunaan uang kertas.

Sebagai salah satu e-money terbaik di Indonesia, LinkAja menawarkan beragam keuntungan bagi para penggunanya. Apa saja keuntungannya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sangat Lengkap

Hingga saat ini, LinkAja telah memiliki lebih dari 61 juta pengguna terdaftar dan dapat digunakan di lebih dari 900 ribu merchant lokal dan lebih dari 300 ribu merchant nasional di seluruh Indonesia.

LinkAja juga bisa digunakan untuk pembayaran di lebih dari 230 moda transportasi, lebih dari 700 pasar tradisional, lebih dari 32 ribu partner donasi digital, dan lebih dari 4 ribu e-commerce.

Tak hanya itu, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari-hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu juga bisa dilakukan dengan LinkAja.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

LinkAja juga hadir untuk melayani pembayaran pembelian bahan bakar minyak di lebih dari 5 ribu SPBU Pertamina dan sejumlah jasa pembayaran parkir.

2. Mudah, Aman dan Nyaman

LinkAja memberi kemudahan bagi seluruh pengguna dan calon pengguna. Bagi yang belum memiliki aplikasi LinkAja, cukup unduh aplikasi LinkAja di Play Store atau App Store, daftarkan nomor ponsel, lalu buat PIN rahasianya, dan isi saldo untuk bertransaksi.

Para pengguna pun akan merasakan keamanan dalam setiap bertransaksi, karena setiap transaksi dilakukan dengan menggunakan PIN Rahasia yang dibuat pada saat awal registrasi. Harap memastikan agar PIN tersebut tidak diketahui siapapun selain pengguna yang bersangkutan.

Khusus untuk transaksi yang bersifat web checkout (LinkAja sebagai sumber dana), selain memasukkan nomor akun LinkAja beserta PIN, pengguna juga akan menerima sms OTP (One Time Password) yang kodenya harus dimasukkan sebagai proses validasi tambahan dalam bertransaksi.

3. Lebih dari 1 Juta Titik Cash-In

LinkAja menyediakan kemudahan akses cash in dan cash out (isi saldo dan tarik tunai) di lebih dari satu sejuta titik, baik berupa bank channel, modern retail, hingga layanan keuangan digital. Keberadaan titik cash-in ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kebiasaan masyarakat (terutama di daerah sub urban) untuk bertransaksi secara elektronik.

4. Satu-satunya yang Punya Fitur Syariah

Mengingat Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, LinkAja menghadirkan Layanan Syariah LinkAja. Layanan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia yang membutuhkan sarana pembayaran elektronik berdasarkan aturan syariah.

Layanan Syariah LinkAja merupakan uang elektronik pertama dan satu-satunya dengan fitur syariah yang disertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain transaksi regular, Layanan Syariah LinkAja juga dapat digunakan untuk membayar zakat, wakaf, hingga transaksi tanpa riba sesuai dengan ketentuan syariah Islam.

5. Punya Ratusan Ribu Merchant

LinkAja memiliki ratusan ribu merchant di seluruh Indonesia, baik offline ataupun online, dengan skala lokal hingga nasional. Para pengguna dapat dengan mudah melihat ragam merchant yang ada di sekitarnya dengan mengaktifkan menu 'Merchant Dekat Kamu' pada aplikasi LinkAja.

(prf/fay)