PS5 dan DualSense Dibongkar, Seperti Apa Jeroannya?

PS5 dan DualSense Dibongkar, Seperti Apa Jeroannya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 14 Des 2020 21:05 WIB
PS5 Dibongkar
Foto: Dok. iFixit
Jakarta -

Sony memang sudah pernah menunjukkan jeroan PlayStation 5 (PS5) saat mereka membongkar konsol baru itu. Namun kini iFixit juga membongkar PS5 secara lebih detail.

Hal pertama yang terungkap adalah PS5 menggunakan baut yang sangat banyak, dan optical disknya ternyata tak 'terkunci' dengan motherboard PS5, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (14/12/2020).

Karena optical disk bluray ini terkunci, meskipun secara hardware komponen ini bisa diganti, namun komponen penggantinya itu tak akan terbaca oleh sistem. Alhasil satu-satunya cara untuk memperbaiki optical disknya itu adalah dengan mengirimkannya ke Sony.

Namun hal ini tentu tak akan menjadi masalah untuk pengguna PS5 edisi Digital, karena memang tak dilengkapi dengan optical disk. Lalu soal storage tambahan, seperti yang sebelumnya sudah pernah diberitakan, penambahan SSD lewat slot m.2 ini memang mudah, namun baru bisa dilakukan setelah Sony mendukung hal ini lewat software.

Secara keseluruhan, membongkar PS5 menurut iFixit tidaklah terlalu sulit, atau bisa juga dibilang cukup mudah sampai titik tertentu, seperti akses ke slot m.2 dan kipas. Ini artinya pengguna sebenarnya bisa saja membongkar beberapa bagian tertentu untuk membersihkan debu yang tersedot oleh kipas PS5.

Namun bagian yang mudah dibuka memang hanya sampai situ, karena untuk membongkar lebih jauh, dibutuhkan obeng T8 Torx Security. Berbeda dibanding sebelumnya yang hanya membutuhkan obeng kembang biasa.

Power supply adalah satu komponen yang tak diungkap Sony saat mereka membongkar PS5. Namun oleh iFixit terungkap kalau komponen ini punya daya maksimal 350W, dan sejauh ini pemakaian maksimalnya hanya 200W.

PS5 DibongkarPS5 Dibongkar Foto: Dok. iFixit

Lalu perusahaan perbaikan gadget itu pun membongkar DualSense, kontroler baru yang dipakai di PS5. Dari situ terungkap kalau penggantian baterai DualSense terbilang mudah, wajar, karena baterai Li-ion yang dipakai lama-kelamaan memang akan turun kemampuannya.

Baterainya itu berkapasitas 5,7 Wh, lebih besar dibanding DualShock 4 yang hanya 3,7Wh. Tampaknya ini dibutuhkan karena adaptive trigger dan motor haptic feedback yang dipakai di DualSense butuh daya yang besar.

[Gambas:Youtube]



[Gambas:Youtube]






Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)