Apple Siapkan Dua MacBook Pro Baru Tahun 2021

Apple Siapkan Dua MacBook Pro Baru Tahun 2021

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 03 Des 2020 17:53 WIB
Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.
Apple Siapkan Dua MacBook Pro Baru Tahun 2021 Foto: Apple
Jakarta -

Apple berencana meluncurkan dua MacBook Pro dengan desain baru dan MacBook Air baru dengan harga yang lebih terjangkau. Ketiganya akan menggunakan panel mini-LED dan chip Apple Silicon.

Kabar ini datang dari analis TF Securities Ming-Chi Kuo dalam catatannya untuk investor. Kuo mengatakan dua MacBook dengan desain dan form factor baru diprediksi meluncur pada 2021, dan MacBook Air baru dengan harga lebih terjangkau diperkirakan meluncur pada tahun 2022, seperti dikutip detikINET dari MacRumors, Kamis (3/12/2020).

Apple baru-baru ini memang telah meluncurkan MacBook Pro dan MacBook Air baru dengan chip Apple M1. Tapi MacBook generasi baru ini tidak menawarkan desain dan bentuk yang baru.

Ketiga model MacBook baru ini akan menggunakan panel mini-LED yang belum pernah digunakan Apple sebelumnya. Kuo sebelumnya memprediksi Apple akan menggunakan panel mini-LED untuk pertama kalinya di iPad Pro yang diprediksi meluncur pada paruh pertama tahun 2021.

Seperti diketahui, mini-LED adalah metode backlighting baru yang digunakan untuk layar LCD. Teknologi ini menawarkan manfaat yang sama seperti OLED, tapi membawa keunggulan seperti tingkat kecerahan yang lebih tinggi, efisiensi daya dan risiko burn-in yang lebih rendah.

Kuo yakin Apple bisa mengatasi risiko kenaikan harga produksi karena menggunakan panel mini-LED di produk Mac karena harga chip Apple Silicon jauh lebih murah ketimbang prosesor Intel.

Kuo juga mengubah prediksinya tentang jumlah pengapalan produk Apple yang menggunakan teknologi display mini-LED. Kuo sebelumnya memperkirakan Apple akan mengapalkan 2-3 juta unit pada tahun 2021 dan 4-5 juta unit pada 2022.

Ia merevisi perkiraan tersebut dan mengatakan Apple akan mengapalkan 10-12 juta unit pada tahun 2021, diikuti dengan 25-28 juta unit pada 2022.

Mengenai kenaikan perkiraan ini, Kuo mengatakan ada dua alasan yang mendasari yaitu harga komponen mini-LED yang lebih rendah dari perkiraan selama beberapa tahun ke depan dan adopsi panel mini-LED di MacBook yang lebih cepat.

Dalam tiga tahun ke depan, Kuo oprimis pengapalan MacBook akan tumbuh signifikan hingga 100% dengan 35 juta unit per tahun berkat penggunaan chip Apple Silicon dan desain baru MacBook.



Simak Video "Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)