Microsoft Teams Tak Lagi Berfungsi di Internet Explorer 11

Microsoft Teams Tak Lagi Berfungsi di Internet Explorer 11

Josina - detikInet
Senin, 30 Nov 2020 17:15 WIB
Microsoft Teams
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Salah satu aplikasi meeting online populer buatan Microsoft yakni Teams, akan dihentikan dukungannya di browser Internet Explorer 11.

Hal tersebut sudah diumumkan sebelumnya pada pertengahan tahun ini di mana browser legendaris ini memang dijadwalkan resmi pensiun tahun depan. Walau demikian, pengguna IE 11 diperkirakan masih jutaan.

Mengingat masih banyak website dan aplikasi yang menggunakan Internet Explorer, Microsoft akan mematikan browsernya ini secara bertahap salah satunya dengan Microsoft Teams.

Mulai tanggal 30 November, Microsoft sudah menghentikan sepenuhnya layanan Microsoft Teams di Internet Explorer 11. Pengguna pun akan dialihkan ke Microsoft Edge untuk tetap dapat mengakses Teams di browser.

Selain itu juga dijadwalkan semua layanan dan aplikasi Microsoft 365 akan dihentikan dukungannya untuk Internet Explorer 11 mulai tahun depan hingga akhirnya resmi mati pada 17 Agustus 2021.

"Mulai 30 November 2020, aplikasi web Microsoft Teams tidak lagi mendukung IE 11 dan 17 Agustus 2021, aplikasi dan layanan Microsoft 365 yang tersisa tidak akan lagi mendukung IE 11," kata Microsoft.

"Ini berarti bahwa setelah tanggal di atas, pelanggan akan mengalami penurunan pengalaman atau tidak akan dapat terhubung ke aplikasi dan layanan Microsoft 365 di IE 11," lanjut Microsoft.

Internet Explorer 11 adalah versi paling baru dan merupakan yang terakhir dari seri browser ini. Nantinya Internet Explorer 11 akan digantikan oleh Microsoft Edge, browser terbaru Microsoft berbasis software Chromium yang dikembangkan Google untuk Google Chrome.

Karenanya, Microsoft Edge menjanjikan lebih banyak fitur dibandingkan Internet Explorer. Dikutip dari Independent, ada juga versi lama Microsoft Edge yang belum berbasis Chromium. Versi ini juga akan ikut dimatikan mulai 9 Maret 2021.

Penutupan Internet Explorer dan browser non-Chromium Microsoft sebenarnya sudah mulai dilakukan Microsoft sejak beberapa tahun lalu. Internet Explorer 8, 9, dan 10, dihentikan pada tahun 2016.



Simak Video "Microsoft Berniat Caplok Aplikasi Discord "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)